Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Akui AS sebagai Teman Baik, Indonesia Bakal Beli 36 Jet Tempur F-15

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 25 November 2022, 15:00 WIB
Akui AS sebagai Teman Baik, Indonesia Bakal Beli 36 Jet Tempur F-15
Jet tempur Boeing F-15 buatan Amerika Serikat/Net
Dalam upaya meningkatkan interoperabilitas militer dengan AS, Indonesia mengumumkan rencananya untuk membeli  jet tempur Boeing F-15.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto menyatakan dukungan berkelanjutan terhadap kehadiran militer AS di Indo-Pasifik.

"Amerika Serikat selalu menjadi teman baik bagi kami di saat kami membutuhkan,” kata Prabowo merujuk pada bantuan selama penanganan pandemi Covid-19.

Rencana pembelian Boeing F-15 diputuskan setelah kunjungan kenegaraan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin III yang ingin agar hubungan bilateral selama 70 tahun tersebut dapat terjalin lebih erat.

"Cakupan dan skala kerja sama pertahanan kita terus berkembang, didorong oleh kepentingan keamanan kita yang menyatu dan oleh komitmen kita pada prinsip bersama,” ujar  Lloyd seperti dimuat The Defense Post pada Kamis (24/11).

Menlu AS juga mengungkapkan keinginannya untuk meningkatkan hubungan militer dengan Indonesia melalui latihan militer bersama dan perluasan kesempatan bagi anggota militer dua negara.

Awal tahun ini, AS menyetujui penjualan 36 jet tempur F-15 dan berbagai peralatan militer lainnya ke Indonesia senilai 14 miliar dolar atau senilai Rp 219 triliun.

Pada tahun 2018, Angkatan Udara AS berhasil menyelesaikan pengiriman 30 jet tempur F-16 ke Jakarta untuk meningkatkan pertahanan udara.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA