Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Beijing Ingatkan AS: Taiwan adalah Taiwannya China

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 November 2022, 06:24 WIB
Beijing Ingatkan AS:  Taiwan adalah Taiwannya China
Sikap Beijing terhadap masalah Taiwan tidak berubah, dan hal itu ditegaskan kembali oleh Kementerian Pertahanan Nasional China dalam konferensi persnya bahwa,  "Taiwan adalah Taiwannya China."

Juru bicara kementerian, Wu Qian, mengatakan bahwa China dengan tegas menentang hubungan militer apa pun antara wilayah Taiwan China dan Amerika Serikat.

Apa yang disampaikan Wu merupakan penolakan terhadap laporan yang baru-baru ini dirilis oleh Komisi Tinjauan Ekonomi dan Keamanan Amerika Serikat-China, yang mengklaim Washington harus mengevaluasi bagaimana memperkuat apa yang disebut kemampuan pertahanan Taiwan.

"Taiwan adalah Taiwannya China dan merupakan bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah China," kata Wu, seperti dikutip dari CGTN, Jumat (25/11).

"Setiap tindakan yang dilakukan oleh AS untuk mengintensifkan kontak militer dengan Taiwan mengganggu urusan dalam negeri China dan melanggar komitmen AS," katanya.

"Setiap upaya untuk menahan China dengan mempersenjatai Taiwan tidak lebih dari fatamorgana dan ditakdirkan untuk gagal di hadapan Tembok Besar baja Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)," lanjut Wu mengingatkan.

Wu kemudian merujuk pertemuan Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden bertemu muka sebelum KTT G20 di Bali, Indonesia pada 14 November lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Biden menegaskan kembali bahwa Amerika Serikat tidak mendukung "kemerdekaan Taiwan", tidak mendukung "dua China" atau "satu China, satu Taiwan", dan tidak berniat untuk berkonflik dengan China.

"Kami mendesak pihak AS untuk mengimplementasikan komitmen ini dan mematuhi prinsip satu-China dan tiga komunike bersama China-AS, agar tidak menghambat kepentingan bersama kedua belah pihak," kata Wu.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA