Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laporan: Ada Peran China di Balik Batalnya Pengiriman Jet Tempur NATO ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 November 2022, 07:48 WIB
Laporan: Ada Peran China di Balik Batalnya Pengiriman Jet Tempur NATO ke Ukraina
MiG-29/Net
rmol news logo Upaya China untuk meredam konflik Rusia-Ukraina agar tidak semakin meningkat ternyata sudah dilakukan sejak awal Moskow melakukan operasi militernya.

Hal itu terungkap dalam laporan Spectator pada Jumat (25/11), yang mengatakan bahwa China menekan AS agar membatalkan rencana memasok Ukraina dengan pesawat tempur Polandia pada bulan Maret.

"Sepanjang konflik, Beijing telah menekan kedua belah pihak untuk menurunkan ketegangan," klaim laporan itu.

Dua minggu setelah pasukan Rusia memasuki Ukraina pada akhir Februari, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken secara terbuka menyatakan bahwa Washington telah memberikan "lampu hijau" kepada sekutu NATO-nya untuk memasok Ukraina dengan jet tempur era Soviet yang dapat digunakan pilotnya, dan itu berhasil pada kesepakatan di mana Polandia menyatakan siap mentransfer armada pesawat tempur MiG-29 ke Kiev.

Dalam beberapa hari, Warsawa mengumumkan akan mentransfer jet ke pasukan AS di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman. Beberapa jam setelah pengumuman ini, Pentagon mendadak menghentikan transfer tersebut, menggambarkan proposal Polandia sebagai sesuatu yang tidak dapat dipertahankan.

"China secara langsung bertanggung jawab atas perubahan ini," klaim laporan The Spectator.

Mengutip sumber Tiongkok yang tidak disebutkan namanya, penulis Owen Matthews menggambarkan bagaimana “inisiatif saluran belakang yang mendesak dan rahasia yang melibatkan mantan pemimpin Eropa” dimulai. Inisiatif ini, katanya, pada akhirnya didukung oleh China, dan Washington mundur.

Hampir sembilan bulan kemudian, NATO masih belum memberi Ukraina jet tempur, meskipun ada lobi yang intens dari Kyiv.

Upaya China untuk mencegah eskalasi berjalan dua arah, klaim laporan itu. Sementara Beijing menekan AS untuk menghentikan pengiriman pesawat tempur, para jenderalnya dilaporkan menelepon rekan Rusia mereka untuk meminta jaminan bahwa Moskow akan tetap berpegang pada doktrin nuklirnya yang telah lama berlaku: bahwa ia berhak menggunakan senjata atom jika terjadi serangan nuklir pertama di wilayah atau infrastrukturnya, atau jika keberadaan negara Rusia terancam oleh senjata nuklir atau konvensional.

Sejauh ini posisi China di Ukraina tetap netral. Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyatakan minggu lalu bahwa Beijing siap untuk bekerja dengan Rusia dan negara-negara lain yang berpikiran sama untuk mempromosikan pengembangan dunia multipolar.

Menurut laporan Matthews, Beijing dan Moskow menandatangani pakta pertahanan bersama terbatas sebelumnya tahun ini.
Namun demikian, China belum menjual perangkat keras militer ke Rusia, dan para diplomatnya terus secara terbuka menyerukan penyelesaian konflik dengan jalan negosiasi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA