Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Thailand Sita Jet Pribadi Milik Pengusaha China atas Dugaan Pengedaran Narkoba

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 November 2022, 15:41 WIB
Thailand Sita Jet Pribadi Milik Pengusaha China atas Dugaan Pengedaran Narkoba
Pihak berwenang Thailand menyita sebuah pesawat milik seorang pengusaha China yang diyakini menjalankan jaringan perdagangan narkoba di kerajaan.

Sekretaris Menteri Kehakiman Thanakrit Jitareerat mengatakan pada Jumat (25/11) bahwa pejabat dari Kantor Badan Pengendalian Narkotika (ONCB) menyita jet pribadi milik pengusaha bernama Chainat Kornchayanan atau Du Hao yang berbasis di Thailand itu di Bandara Hua Hin di provinsi Prachuap Khiri Khan pada Kamis malam.

Dia mengatakan Chainat akan diberi kesempatan untuk menjelaskan kepemilikannya atas pesawat tersebut, jika tidak maka akan dilelang.

“Itu belum semuanya. Lebih banyak aset akan disita tunggu dan lihat,” kata Thanakrit kepada wartawan, seperti dikutip dari The Nation, Sabtu (26/11).

Langkah ONCB dilakukan setelah mantan politisi dan taipan panti pijat Chuwit Kamolvisit menyerahkan sebuah dokumen yang merinci aset Chainat yang diperkirakan lebih dari 1 miliar baht kepada pihak kepolisian.

Chainat, seorang warga Thailand yang dinaturalisasi melalui perkawinan, menyerahkan diri kepada polisi pada Rabu setelah surat perintah penangkapan dikeluarkan atas dugaan kejahatan terkait narkoba dan mengawasi jaringan perdagangan narkoba.

Tersangka, yang istrinya adalah seorang petugas di Divisi Urusan Luar Negeri Kepolisian Kerajaan Thailand, membantah semua tuduhan.

Penangkapan Chainat merupakan bagian dari tindakan keras aparat terhadap tersangka bos mafia China yang diyakini berada di balik pesta narkoba di Bangkok.

Pada tanggal 25 Oktober, lebih dari 200 warga negara Tiongkok ditangkap selama penggerebekan polisi terhadap apa yang diyakini sebagai pesta narkoba di sebuah restoran sekaligus tempat karaoke di daerah Sathorn.

Chuwit kemudian muncul, mengklaim bahwa dia mengenal beberapa bos mafia Tiongkok yang menjalankan bisnis ilegal di Thailand, mendorong Polisi Kerajaan Thailand untuk meningkatkan tindakan keras.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA