Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Peretas Rusia Diduga Sedang Menargetkan Terminal Gas Belanda

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 November 2022, 16:42 WIB
Peretas Rusia Diduga Sedang Menargetkan Terminal Gas Belanda
Peretas asal Rusia diduga sedang berusaha menargetkan terminal gas Belanda, menyusul penyelidikan yang dilakukan perusahaan keamanan dunia maya asal Amerika, Dragos.

Dikatakan Dragos, saat ini ada upaya dari peretas untuk melakukan "penelitian eksplorasi" ke dalam sistem terminal LNG Belanda dan mencoba menemukan cara ke dalam sistem. Menurut FBI dan penyelidik lainnya, kelompok peretas tersebut berafiliasi dengan Rusia.

“Kita tahu bahwa terminal LNG adalah target. Ini hanya pertanyaan tentang kapan dan bagaimana,” kata Casey Brooks dari Dragos, seperti dikutip dari NL Times, Sabtu (26/11).

Brooks megatakan, kelompok peretas Xenotime dan Kamacite menyodok sistem digital terminal LNG Gasunie di Eemshaven di Rotterdam.

“Ini adalah tes untuk melihat di mana mereka berpotensi berdampak dengan serangan digital," ujarnya.

Menurut FBI, Xenotime dan Kamacite memiliki hubungan dengan dinas rahasia Rusia.

Pakar keamanan siber Fox-IT berpendapat ada ancaman nyata dari pihak jahat yang menargetkan perusahaan di sektor energi akibat krisis energi.

“Khususnya dalam rantai pasokan untuk pasokan dan distribusi LNG,” kata seorang juru bicara.

“Pihak-pihak yang tertarik dengan sektor ini mungkin adalah kelompok berbahaya yang disponsori negara, misalnya kelompok yang dipimpin oleh FSB dan GRU Rusia," ujarnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA