Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pilkada Dikuasai Kuomintang, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai DPP

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 27 November 2022, 06:30 WIB
Pilkada Dikuasai Kuomintang, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai DPP
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/Net
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengundurkan diri sebagai Ketua Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa pada Sabtu (26/11). Itu dilakukan setelah partainya gagal menguasai pemilihan daerah.

Taiwan telah menggelar pemilihan walikota, kepala daerah, dan anggota dewan lokal.

Hasilnya menunjukkan partai oposisi utama, Kuomintang (KMT), memimpin dengan mengamankan 13 dari 21 kursi walikota dan bupati, termasuk di Taipei. Sementara DPP baru mengamankan lima kursi.

"Hasilnya mengecewakan harapan kami. Kami dengan rendah hati menerima hasilnya dan menerima keputusan rakyat Taiwan," kata Tsai kepada wartawan di markas partai.

Pada kesempatan yang sama, Reuters melaporkan, Tsai mengundurkan diri sebagai Ketua DPP. Langkah serupa juga pernah ia lakukan setelah mendapatkan hasil yang buruk pada pemilu 2018.

Meski begitu, Tsai akan terus menjabat sebagai Presiden Taiwan hingga masa periodenya berakhir pada 2024.

"Bukannya DPP tidak pernah gagal sebelumnya. Kami tidak punya waktu untuk merasa menyesal. Kami jatuh, tapi kami akan berdiri lagi," ucap Tsai.

Tsai mengatakan dia telah menolak tawaran pengunduran diri dari Perdana Menteri Su Tseng-chang, juga anggota senior DPP, menambahkan dia telah memintanya untuk tetap menjabat untuk memastikan kebijakannya diterapkan dengan benar.

Kabinet mengatakan Su telah setuju untuk tetap tinggal karena kebutuhan akan stabilitas di tengah situasi domestik dan internasional yang sulit.

ARTIKEL LAINNYA