Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Rusia Tuding AS Kembangkan Senjata Patogen Mematikan, Kombinasi Varian Virus Corona

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 27 November 2022, 07:55 WIB
Rusia Tuding AS Kembangkan Senjata Patogen Mematikan, Kombinasi Varian Virus Corona
Ilustrasi/Net
Rusia menuduh Amerika Serikat (AS) telah mengembangkan patogen virus corona buatan yang mematikan, dengan menggabungkan varian Omicron dengan virus corona asli yang diemukan di Wuhan, China akhir tahun 2019 lalu.

Kepala Pasukan Pertahanan Biologi dan Kimia Rusia, Igor Kirillov menyebut virus yang dimodifikasi oleh AS dapat membunuh 80 persen yang terinfeksi. Virus ini menyebabkan tanda-tanda neurologis yang tidak normal dan kerusakan paru-paru yang signifikan.

"Pengujian antibodi mengungkapkan penurunan 11 kali lipat dalam kapasitas mereka untuk menetralkan virus baru, serta ketidakefektifan vaksinasi saat ini," ujarnya dalam konferensi pers pada Sabtu (26/11), seperti dimuat Anadolu Agency.

Kirillov mengatakan virus yang dimodifikasi itu dikembangkan oleh Universitas Boston.

AS, lanjut Kirillov, juga melakukan aktivitas biologis militernya di negara ketiga, dan lebih memilih melakukan eksperimen di luar negeri karena tingginya risiko kecelakaan.

Sebagai tindak lanjut, Rusia akan menuntut pembentukan mekanisme yang efektif untuk memantau kegiatan semacam itu pada pertemuan Konvensi Senjata Biologis mendatang.

ARTIKEL LAINNYA