Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Hwasong-17 Jadi Awal Cita-cita Korut Bangun Kekuatan Nuklir Terkuat Dunia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 27 November 2022, 11:56 WIB
Hwasong-17 Jadi Awal Cita-cita Korut Bangun Kekuatan Nuklir Terkuat Dunia
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan putrinya mengawasi uji coba Hwasong-17/Net
Berbagai uji coba rudal balistik yang dilakukan oleh Korea Utara dalam beberapa waktu terakhir memiliki tujuan agar Pyongyang bisa menjadi kekuatan nuklir paling kuat di dunia.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan tujuan tersebut ketika mengawasi uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesar negaranya, Hwasong-17 pada 18 November lalu.

"Tujuan akhir Korea Utara adalah untuk memiliki kekuatan strategis paling kuat di dunia, kekuatan absolut yang belum pernah terjadi sebelumnya di abad ini," kata Kim, seperti dimuat KCNA.

Kim menuturkan, membangun kemampuan nuklir akan melindungi martabat dan kedaulatan rakyat dan negara.

Kim sendiri menggambarkan Hwasong-17 sebagai senjata strategis terkuat di dunia. Ia mengatakan itu menunjukkan tekad dan kemampuan Korea Utara untuk akhirnya membangun tentara terkuat di dunia.

Ilmuwan Korea Utara, lanjut Kim, telah membuat lompatan yang luar biasa dalam hal pengembangan teknologi pemasangan hulu ledak nuklir.

Hwasong-17 sendiri diyakini dapat mencapai daratan Amerika Serikat (AS). Uji coba yang dilakukan Korea Utara kemudian memancing pertemuan Dewan Keamanan PBB.

ARTIKEL LAINNYA