Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Protes Anti-Lockdown China Menyebar ke Kampus-kampus dan Banyak Kota

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 29 November 2022, 06:08 WIB
Protes Anti-Lockdown China Menyebar ke Kampus-kampus dan Banyak Kota
Aksi protes anti-lockdown terhadap kebijakan Zero Covid China/Net
Aksi protes menentang kebijakan lockdown dan Zero Covid di China semakin meluas. Dari yang awalnya hanya berpusat di Xinjiang, Shanghai, dan Beijing, protes terjadi di berbagai kota lainnya dan menyebar ke kampus-kampus.

Bahkan aksi protes juga dilakukan di berbagai kota di seluruh dunia sebagai bentuk solidaritas, termasuk di London, Paris, Tokyo, dan Sydney.

Aksi protes di mana orang-orang China bersatu semacam ini langka terjadi. Menurut laporan Reuters, puluhan orang menghadiri protes, meskipun beberapa menarik lebih dari 100 orang.

Protes terhadap kebijakan Zero Covid juga memantik kemarahan warga terhadap pemerintahan Xi Jinping. Sejumlah pengunjuk rasa bahkan mendorong mundurnya pemerintahan Partai Komunis China dan Xi Jinping.

Di Hong Kong, puluhan pengunjuk rasa melakukan demonstrasi pada Senin malam (28/11). Lusinan mahasiswa juga berkumpul di kampus Chinese University of Hong Kong untuk meratapi mereka yang meninggal di Xinjiang.

Protes besar-besaran ini dipicu oleh kemarahan warga akibat banyaknya korban yang berjatuhan selama kebakaran di sebuah apartemen di wilayah Xinjiang. Sebanyak 10 orang meregang nyawa karena terjebak akibat tindakan lockdown ketat.

Di luar negeri, ekspatriat dan mahasiswa China menggelar aksi protes lantaran anggota keluarga mereka merasakan beban dari kebijakan Zero Covid yang diberlakukan oleh Xi Jinping.

ARTIKEL LAINNYA