Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tak Indahkan Protes Warga, China: Kebijakan Zero Covid Akan Berhasil

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 29 November 2022, 11:50 WIB
Tak Indahkan Protes Warga, China: Kebijakan Zero Covid Akan Berhasil
Jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian/Net
Protes anti-lockdown yang dilakukan oleh warga China di berbagai kota dan kampus tampaknya masih belum bisa menggerakkan pemerintah untuk mengkaji ulang kebijakan Zero Covid.

Pasalnya jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengatakan pemerintah masih sangat yakin bahwa kebijakan Zero Covid yang diinisiasi oleh Presiden Xi Jinping akan mendapat kesuksesan dalam melawan Covid-19.

"Kami percaya bahwa dengan kepemimpinan Partai Komunis China dan dukungan rakyat China, perjuangan kita melawan Covid-19 akan berhasil," ujarnya dalam konferensi pers, seperti dimuat NBC News pada Selasa (29/11).

Zhao juga menekankan jika pemerintah China telah mengambil kebijakan penanganan Covid-19 yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi rakyatnya.

"Pemerintah China menyesuaikan tindakan Covid-nya sesuai dengan situasi di lapangan," tegasnya.

Untuk memperlambat penyebaran virus, pemerintah China telah menerapkan penguncian yang ketat, membatasi perjalanan, dan melakukan tes Covid-19 besar-besaran.

Setelah kebakaran apartemen di Urumqi yang merenggut nyawa 10 orang dan melukai 9 lainnya, protes pecah.

Pada Senin (28/11), ratusan warga Shnghai turun ke jalan untuk memprotes tindakan pencegahan Covid-19. Para demostran meneriakkan slogan-slogan yang mengkritik Xi Jinping dan Partai Komunis China.

Otoritas setempat kemudian memperketat keamanan selama protes berlangsung. Sementara PBB mendesak China untuk menghormati hak protes warga secara damai.

ARTIKEL LAINNYA