Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Baru Dibuka Empat Hari, Shanghai Disney Resort Ditutup Kembali Karena Covid Naik Lagi

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 November 2022, 06:53 WIB
Baru Dibuka Empat Hari, Shanghai Disney Resort Ditutup Kembali Karena Covid Naik Lagi
Warga memindai kode QR untuk mengonfirmasi hasil asam nukleat negatif mereka sebelum memasuki pusat perbelanjaan di Shanghai/Net
Pemerintah Kota Shanghai telah menutup sejumlah tempat wisata termasuk Shanghai Disney Resort mulai Selasa (29/11) waktu setempat.

Keputusan diambil menyusul kebangkitan terbaru Covid-19 di kota terbesar China itu, yang pada Senin melaporkan 20 kasus terkonfirmasi lokal dan 158 pembawa tanpa gejala.

Jumlah kasus harian baru di Shanghai telah meningkat secara signifikan, dan jumlah orang yang terinfeksi yang terdeteksi di seluruh komunitas juga meningkat. Otoritas setempat mengatakan bahwa ini adalah limpahan dari daerah lain di luar Shanghai.

Jumlah kasus positif di beberapa daerah melonjak selama beberapa hari dan minggu terakhir. Shanghai pada Selasa telah melaporkan 32 daerah sebagai daerah berisiko tinggi.

Penutupan sementara Shanghai Disney Resort sejalan dengan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian pandemi, dan itu terjadi hanya empat hari setelah tempat wisata itu kembali beroperasi pada 25 November.

"Taman akan memberi tahu para tamu segera setelah mereka memiliki tanggal yang dikonfirmasi untuk dibuka kembali. Disneytown, Wishing Star Park, dan dua hotel resor akan terus beroperasi secara normal," menurut pihak resor, seperti dilaporkan Global Times.

Objek wisata landmark Oriental Pearl Radio dan TV Tower juga ditutup untuk umum mulai Selasa sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Hingga Selasa pagi, sebanyak 684.000 warga telah diskrining,  436 orang dinyatakan negatif, dan 192 sampel lingkungan juga dinyatakan negatif.

Shanghai telah memperketat persyaratan pengujian asam nukleat untuk restoran dan tempat komersial lainnya. Warga juga diwajibkan menunjukkan hasil tes asam nukleat negatif selama 48 jam sebelum memasuki lokasi tersebut.

Kota ini juga telah memperpanjang layanan pengujian asam nukleat gratis hingga akhir tahun 2022 demi kenyamanan warga.

Mereka yang tiba atau kembali ke Shanghai kurang dari lima hari dilarang memasuki tempat umum seperti restoran, pusat perbelanjaan, supermarket, pasar makanan, salon kecantikan, ruang hiburan, dan tempat umum lainnya.

Pejabat juga sudah menyarankan masyarakat agar tidak meninggalkan kota kecuali untuk perjalanan penting sebagai sarana untuk mengurangi penyebaran Covid-19. 

Kebijakan penanganan Covid di China menimbulkan kemarahan warga. Aksi protes mulai terlihat di beberapa titk di China terkait kebijakan Nol-Covid. 

Kemarahan meledak setelah kematian 10 orang dalam kebakaran di sebuah apartemen di Xinjiang. Banyaknya korban diyakini karena mereka tidak bisa melarikan diri akibat berada dalam kebijakan lockdown.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA