Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Setelah Bertemu Menlu Khar, Taliban Nyatakan Hubungan Pakistan-Afghanistan adalah Penting

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 November 2022, 07:31 WIB
Setelah Bertemu Menlu Khar, Taliban Nyatakan Hubungan Pakistan-Afghanistan adalah Penting
Menteri Luar Negeri Pakistan Hina Rabbani Khar bertemu para pemimpin Taliban di Kabul, Selasa 29 November 2022/Net
Pakistan menjanjikan "perlakuan yang baik" bagi para pengungsi Afghanistan dan akan memberikan solusi untuk masalah dalam pergerakan lintas batas, serta penerbitan visa.

Hal itu terungkap dalam kunjungan satu hari Menteri Luar Negeri Hina Rabbani Khar ke Kabul, Selasa (29/11).

Selain masalah pengungsi, Khar yang mengadakan pembicaraan dengan pemimpin Taliban, juga membahas masalah keamanan dan kerja sama ekonomi.

Wakil juru bicara urusan luar negeri Afghanistan, Hafiz Zia Takal, mengatakan Pakistan dan Afghanistan setuju untuk memperkenalkan mekanisme baru bagi hubungan bilateral untuk meninjau semua peluang dan masalah bersama melalui dialog dan membuat kemajuan.

“Kedua belah pihak juga sepakat untuk mengambil langkah-langkah positif dan produktif untuk solusi atas masalah tersebut,” katanya dalam sebuah pernyataan yang diposting melalui akun Twitter-nya.

Khar menjadi menteri pertama yang melakukan perjalanan ke Kabul sejak pemerintahan Perdana Menteri Shehbaz Sharif mengambil alih pada bulan April.

Khar bertemu dengan penjabat Menteri Luar Negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi tak lama setelah mendarat di Kabul. Perwakilan khusus Pakistan untuk Afghanistan Moham mad Sadiq juga menjadi bagian dari delegasi tersebut, seperti dikutip dari Aljazeera, Selasa.

Pertemuan Khar dengan para pemimpin Taliban terjadi di tengah ketidakpercayaan atas isu-isu tertentu, termasuk tembak-menembak di sepanjang perbatasan dan lonjakan serangan Tehreek-i-Taliban Pakistan (TTP). Pakistan mengatakan TTP beroperasi dari tanah Afghanistan—sesuatu yang disangkal oleh Taliban.

Namun, selama pertemuan, Muttaqi menggambarkan hubungan kedua negara bertetangga itu penting bagi masyarakat dan kawasan.

Muttaqi juga mengangkat masalah pembebasan tahanan Afghanistan di Pakistan, fasilitas untuk penumpang dalam pergerakan lintas batas, dan kemajuan dalam perdagangan dan transit.

“Pihak Afghanistan juga menunjukkan kesiapan untuk membuat kemajuan dalam pipa gas TAPI, jalur kereta api, dan proyek lainnya.”

Ia juga menjelaskan sikap Taliban Afghanistan tentang hubungan politik, pembangunan ekonomi, dan keamanan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA