Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Di Bucharest, Menlu Lithuania: Tetap Tenang dan Berikan Tank untuk Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 November 2022, 07:44 WIB
Di Bucharest, Menlu Lithuania: Tetap Tenang dan Berikan Tank untuk Ukraina
Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis/Net
NATO tidak kehabisan tank yang bisa dikirim ke Ukraina. Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis mengatakan sebelum pertemuan para menteri luar negeri NATO di Bucharest, Selasa (29/11).

"NATO tidak kehabisan tank, jadi jika kita memperluas inventaris apa yang dikirim ke Ukraina, maka NATO memiliki peluang untuk mempertahankan pasokan," katanya kepada wartawan, seperti dikutip dari Euro News.

Para menteri luar negeri anggota NATO bertemu pada Selasa untuk menggalang dukungan yang sangat dibutuhkan bagi Ukraina.

Pertemuan yang berlansung di Bucharest, Rumania menunjukkan bagaimana aliansi  mencari cara menjaga keamanan jutaan warga sipil Ukraina sekaligus mempertahankan militer Kyiv dari musim dingin yang pada tahun ini akan terasa lebih berat.

Ini adalah pertemuan yang akan berfungsi sebagai platform untuk memobilisasi lebih banyak dukungan untuk Ukraina.

Infrastruktur kritis Ukraina telah dihantam oleh serangan Rusia dalam beberapa pekan terakhir, melumpuhkan pasokan listrik dan air untuk waktu yang lama.

NATO sejauh ini enggan untuk memasok Ukraina dengan peralatan atau persenjataan yang dapat menyerang jauh ke dalam wilayah Rusia, karena tidak ingin memicu konflik yang lebih luas.

Namun, di sisi militer, NATO terus mendorong produsen senjata untuk mempercepat produksi untuk bisa mengirimkan bantuan pertahanan bagi Ukraina.

Para menteri menekankan perlunya meningkatkan sistem pertahanan udara dan amunisi ke Ukraina serta bantuan bahan bakar, selain pasokan medis, dan peralatan musim dingin.

Landsbergis kemudian mengingatkan lagi kepada rekan-rekannya bahwa meskipun Eropa marah terhadap apa yang dilakukan Rusia,  tetapi sikap tennag dibutuhkan dalam hal ini.

"Pesan saya kepada sesama menteri luar negeri pada pertemuan NATO hari ini sederhana: Tetap tenang dan berikan tank," katanya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA