Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pentagon: Beijing Mengingatkan agar AS Tidak Ikut Campur dalam Hubungan China-India

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 November 2022, 12:34 WIB
Pentagon: Beijing Mengingatkan agar AS Tidak Ikut Campur dalam Hubungan China-India
Pentagon/Net
China baru-baru ini mengeluarkan peringatan kepada para pejabat Amerika untuk tidak ikut campur dalam hubungannya dengan India.

Pentagon mengkonfirmasi hal itu kepada Kongres pada Selasa (29/11) di tengah kebuntuan hubungan China dan India.

Pentagon juga mengatakan bahwa para pejabat China telah berusaha untuk mengecilkan ketegangan di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC). Ini adalah upaya beijing untuk menjaga stabilitas perbatasan agar tidak muncul hal-hal yang merugikan aspek lain dari hubungan bilateralnya dengan India.  

“RRC (Republik Rakyat Tiongkok) berupaya mencegah ketegangan perbatasan yang menyebabkan India bermitra lebih dekat dengan Amerika Serikat. Pejabat China memperingatkan pejabat AS untuk tidak mencampuri hubungan China dengan India," kata Pentagon seperti dikutip dari PTI, Rabu.

Sepanjang tahun 2021, tentara China mempertahankan pengerahan pasukan dan melanjutkan pembangunan infrastruktur di sepanjang LAC. Namun, karena kedua belah pihak menolak menyerahkan keuntungan yang dirasakan di perbatasan, negosiasi hanya menghasilkan sedikit kemajuan.

Rekaman baru dari satelit mengungkapkan bahwa China telah membangun pangkalan militer di dekat perbatasannya yang kontroversial dengan India. Ini menunjukkan bagaimana Beijing memiliki strategi untuk kehadiran jangka panjang di sana.

Foto-foto yang diperoleh oleh proyek China Power di Pusat Studi Strategis dan Internasional dan diberikan kepada Harian NatSec menunjukkan Tentara Pembebasan Rakyat membangun garnisun dan markas besar untuk menampung tentara di Pangong Tso, sebuah danau terpencil yang membentang di Garis Kontrol Aktual antara keduanya bangsa.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA