Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kelompok HAM Iran Catat Kematian 448 Orang dalam Protes Mahsa Amini

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 30 November 2022, 14:47 WIB
Kelompok HAM Iran Catat Kematian 448 Orang dalam Protes Mahsa Amini
Protes Mahsa Amini di Iran/Net
Jumlah korban tewas dalam bentrokan aksi protes kematian Mahsa Amini sejak pertengahan September dilaporkan mencapai lebih dari 400 orang.

Kelompok Hak Asasi Manusia Iran (IHR) yang berbasis di Norwegia pada Selasa (29/11) mencatat angka korban jiwa sebanyak 448 dan tidak itu termasuk petugas keamanan nasional.

Merinci lebih lanjut, IHR menyebut dari 448 orang yang dipastikan tewas, terdapat 60 anak-anak di antaranya berusia 18 tahun ke bawah, termasuk sembilan anak perempuan, dan 29 perempuan.

Dimuat Al-Arabiya, dalam sepekan terakhir saja, 16 orang tewas oleh pasukan keamanan dan 12 di antaranya berada di daerah berpenduduk etnis minoritas Kurdi yang dibenci pemerintah.

Untuk pertama kalinya, Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh dari Korps Pengawal Revolusi Islam Iran di hari yang sama mengakui angka kematian korban protes mencapai lebih dari 300 orang tewas.

Meski begitu, Iran masih menolak keras niat Dewan HAM PBB untuk membentuk misi pencarian fakta tingkat tinggi guna menyelidiki kasus kekerasan tersebut.

Banyak yang menilai penolakan Iran sebagai tanda bahwa pemerintahnya takut jika skandal kejahatan yang lain akan ikut terungkap bila PBB benar-benar datang.  

Protes meletus setelah kematian seorang wanita asal Kurdi, bernama Mahsa Amini yang telah ditangkap oleh polisi moralitas Teheran.

Kejanggalan atas kematiannya telah mencetus protes di berbagai wilayah dan menjadi tantangan terbesar bagi rezim Iran sejak revolusi 1979.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA