Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Presiden Aliyev dan Delegasi Turkmenistan Bahas Perdagangan Dua Negara yang Menunjukkan Perkembangan Positif

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 November 2022, 15:10 WIB
Presiden Aliyev dan Delegasi Turkmenistan Bahas Perdagangan Dua Negara yang Menunjukkan Perkembangan Positif
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menerima delegasi yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Turkmenistan Bidang Perdagangan, Batyr Atdayev, di Baku, pada 29 November 2022/Net.
RMOL.  Azerbaijan dan Turkmenistan menyepakati perluasan hubungan dalam sektor energi, transportasi dan perdagangan.

Dalam pembicaraan yang berlangsung pada Selasa (29/11) Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev yang menerima kunjungan delegasi Turkmenistan menegaskan pentingnya mengembangkan hubungan Azerbaijan-Turkmenistan dan menunjukkan isu-isu yang perlu dibahas pada pertemuan Komisi Gabungan Antarpemerintah tentang kerja sama ekonomi dan kemanusiaan antara kedua negara.

Selama percakapan, kedua pihak mencatat perputaran perdagangan antara Azerbaijan dan Turkmenistan yang menunjukkan perkembangan baik,  dan menekankan pentingnya pelaksanaan proyek bersama untuk lebih meningkatkan perputaran ini di masa mendatang.

Saat ini, Uni Eropa bermaksud memperluas kerja sama dengan negara-negara penghasil minyak dan gas, khususnya Azerbaijan, Kazakstan, dan Turkmenistan, untuk memasok sumber daya energi ke UE.

Pada awal November lalu, Wakil Perdana Menteri Turkmen Shakhym Abdrakhmanov, yang memimpin delegasi pertemuan Selasa, mengatakan bahwa negaranya tidak akan menyerah pada proyek pembangunan pipa TransCaspian melewati Rusia untuk memasok gasnya ke Eropa.

Menurut beberapa proposal, proyek pipa menyediakan pasokan hingga 30 miliar meter kubik gas Turkmenistan melalui Azerbaijan, Georgia, dan Turki ke pasar Eropa setiap tahun selama setidaknya 30 tahun, seperti dilaporkan Caspian News.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA