Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Mengenang Jiang Zemin, Mantan Pemimpin China dengan Kepribadian Berwarna

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 01 Desember 2022, 06:30 WIB
Kabar duka disiarkan oleh kantor berita China Central Television pada Rabu (30/11). Mantan presiden dan sekretaris jenderal Partai Komunis China Jiang Zemin, meninggal dunia pada usia 96 tahun.

Menurut laporan tersebut, Jiang Zemin meninggal pada Rabu, tepat setelah pukul 12:00 waktu setempat di Shanghai, karena leukemia yang dideritanya serta kegagalan banyak organ.

Kematiannya terjadi di tengah ketegangan di dalam negeri, ketika beberapa aksi protes meluas yang menentang pembatasan Covid.

Media pemerintah seperti Global Times dan kantor berita Xinhua, mengubah situs web mereka menjadi hitam putih sebagai penghormatan.

Partai Komunis China dalam pernyataan duka citanya menggambarkan bahwa Jiang Zemin  adalah sosok  pemimpin yang luar biasa dengan prestise tinggi dan "pejuang Komunis yang telah lama teruji.

Jiang Zemin dikenal karena perannya setelah penumpasan berdarah tahun 1989 terhadap pengunjuk rasa di dan sekitar Lapangan Tiananmen Beijing.

"Selama kekacauan politik yang serius di China pada musim semi dan musim panas tahun 1989, Kamerad Jiang Zemin mendukung dan menerapkan keputusan yang tepat dari Komite Pusat Partai untuk menentang kerusuhan, mempertahankan kekuasaan negara sosialis dan melindungi kepentingan fundamental rakyat," menurut laporan media CCTV.

Jiang Zemin lahir di Jiangsu pada 17 Agustus 1926. Dia adalah sekretaris jenderal Partai Komunis Tiongkok dari Juni 1989 hingga November 2002 dan memimpin negara sebagai presiden dari 1993 hingga 2003.

Jiang tidak menghadiri acara publik sejak 2019. Desas-desus tentang kesehatannya yang memburuk semakin meningkat setelah dia abstain dari perayaan untuk memperingati seratus tahun Partai Komunis China pada tahun 2021. Dia juga absen dari kongres ke-20 partai tersebut pada bulan Oktober.

Jiang Zemin terakhir terlihat di depan umum pada 1 Oktober 2019, ketika dia berdiri di tribun peninjauan parade di sebelah kiri Presiden Xi Jinping saat menghadiri perayaan ulang tahun ke-70 Partai Komunis China.

Jiang, melihat negara melalui perubahan bersejarah, termasuk kebangkitan reformasi berorientasi pasar, kembalinya Hong Kong dari pemerintahan Inggris pada tahun 1997 dan masuknya ke dalam Organisasi Perdagangan Dunia pada tahun 2001. Dia juga sukses dengan pencapaian impian lama, yaitu memenangkan kompetisi untuk menjadi tuan rumah Olimpiade setelah penolakan sebelumnya.

Banyak yang mengatakan bahwa Jiang  berbeda dengan pejabat China lainnya yang biasanya berwajah datar atau serius yang sering terlihat.

Dia memiliki kepribadian yang lebih berwarna. Dia menyanyikan lagu Elvis Presley di pertemuan global, dan pergi berenang di lepas pantai Hawaii.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA