Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Rayakan Kekalahan Timnasnya Sendiri, Pria Iran Diduga Ditembak Mati Aparat

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 01 Desember 2022, 16:18 WIB
Rayakan Kekalahan Timnasnya Sendiri, Pria Iran Diduga Ditembak Mati Aparat
Suporter Iran di Piala Dunia 2022/Net
Seorang warga Iran dilaporkan telah ditembak mati pasukan keamanan setelah merayakan kekalahan timnasnya dari Amerika Serikat (AS) selama Piala Dunia 2022 di Qatar pada Rabu (30/11).

Ia adalah Mahran Samak, seorang pria Iran berusia 27 tahun yang meninggal ditembak mati setelah membunyikan klakson mobilnya di Bandar Anzali, Teheran untuk merayakan kemenangan AS.

"Samak menjadi sasaran langsung dan ditembak di kepala oleh pasukan keamanan, menyusul kekalahan tim nasional melawan Amerika," kata kelompok Hak Asasi Manusia Iran (IHR) yang berbasis di Oslo, seperti dimuat AFP.

Pusat Hak Asasi Manusia di Iran (CHRI) yang berbasis di New York juga melaporkan bahwa dia telah dibunuh oleh pasukan keamanan saat merayakan kekalahan timnasnya.

Setelah kabar kematian Samak, gelandang timnas Iran Saeid Ezatolahi mengaku mengenalnya.

"Setelah kekalahan pahit tadi malam, berita kematian Anda membakar hati saya," ujarnya di Instagram, sembari mengunggah foto bersama Samak.

Iran tersingkir dari Piala Dunia oleh musuh bebuyutannya, Amerika Serikat, di Qatar pada Selasa malam (29/11). Kekalahan ini menarik tanggapan beragam dari pendukung pro dan anti-rezim.

Banyak yang menolak untuk mendukung tim nasional sebagai tanggapan atas tindakan keras pemerintah terhadap protes lebih dari dua bulan yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini dalam tahanan.

ARTIKEL LAINNYA