Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Temui Xi Jinping, Charles Michel Singgung Kebijakan Nol Covid China yang Terlalu Ketat

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 02 Desember 2022, 07:13 WIB
Temui Xi Jinping, Charles Michel Singgung Kebijakan Nol Covid China yang Terlalu Ketat
Presiden Dewan Eropa Charles Michel saat bertemu dengan Presiden Xi Jinping, Kamis, 1 Desember 2022/Net
Penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah China menjadi salah satu fokus yang dibahas oleh Presiden Dewan Eropa Charles Michel saat bertemu dengan Presiden Xi Jinping, Kamis (1/12).

Kunjungan Michel terjadi di tengah protes keras masyarakat China terhadap aturan ketat nol Covid yang melanda negara itu dalam beberapa hari terakhir. Pemimpin UE itu menyampaikan keprihatinannya dan mengingatkan Xi tentang penerimaan masyarakat terhadap kebijakan tersebut.

Michel bahkan menegasan bahwa hak untuk berkumpul secara damai diabadikan dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, seperti dilaporkan Euro News.

Aksi protes di beberapa titik terjadi setelah kematian sepuluh orang dalam kebakaran gedung di Urumqi di wilayah Xinjiang barat yang terkunci oleh aturan Covid, dan orang-orang menyalahkan pemerintah atas tindakan Covid yang menurut mereka bahkan 'tidak masuk akal'.

Aksi protes tersebut menjadi pertunjukan perbedaan pendapat publik terbesar dalam beberapa dekade di China.

Michel kemudian berbagi pengalaman bagaimana Eropa menangani Covid-19, salah satunya dengan penyediaan vaksin.

"Perusahaan Eropa siap untuk menyediakan vaksin jika vaksin tersebut diizinkan oleh otoritas China," katanya.

Kunjungan satu hari Michel ke Beijing datang hanya beberapa minggu setelah para pemimpin UE mengadakan diskusi strategis yang luas tentang China tentang bagaimana menangani hubungan dengan negara itu di masa depan, yang semakin dilihat oleh UE sebagai pesaing atau bahkan "saingan strategis".

Xi kemudian mengatakan kepada Michel tentag harapannya agar lembaga-lembaga UE dan negara-negara anggota akan membangun persepsi yang objektif dan benar tentang China.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA