Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tak Sekadar Pertemuan Para Menlu, Indonesia-Pacific Forum for Development Juga Hadirkan Business Engagement

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 02 Desember 2022, 14:54 WIB
Tak Sekadar Pertemuan Para Menlu, Indonesia-Pacific Forum for Development Juga Hadirkan Business Engagement
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Abdul Kadir Jailani dalam media gathering di Kantin Diplomasi, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Jumat (2/12)/RMOL
Dalam upaya mempertemukan para pelaku usaha Indonesia dengan negara di kawasan Pasifik, Kementerian Luar Negeri RI memanfaatkan gelaran Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD) untuk mengadakan Business Engagement.

Acara yang akan berlangsung di Bali pada 7-8 Desember mendatang itu dikonfirmasi Kemlu tak hanya dilakukan oleh para Menteri Luar Negeri, tetapi juga bagi para aktor swasta.

"Selain ada forum tingkat menteri, itu juga akan diisi dengan business engagement sebagai wadah untuk mempertemukan pelaku usaha Indonesia dan Pasifik," ujar Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Abdul Kadir Jailani dalam media gathering di Kantin Diplomasi, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Jumat (2/12).

Dirjen berharap pertemuan bisnis yang akan disiapkan Kemlu RI nanti akan menghasilkan banyak kesepakatan menguntungkan, sehingga dapat turut mendorong kesejahteraan ekonomi di Indonesia dan kawasan Pasifik.

"Diharapkan business engagement itu akan menghasilkan bisnis deal yang akan memperkuat dukungan ekonomi dan perdagangan antar indonesia dan kawasan Pasifik," ujarnya.

Menurut Dirjen, IPFD juga akan diselenggarakan dengan tiga workshop secara hybrid dan diikuti oleh peserta dari negara pasifik serta Indonesia.

"(Workshop) pertama tentang penanggulangan bencana dan ketahanan daerah atau kawasan, kedua pengembangan UMKM serta ketiga Isu pemberdayaan perempuan," paparnya.

Mengusung tema 'Grow and Prosper Together', IPFD akan dibuka pada tanggal 7 Desember dan diisi dengan diskusi para menteri.

Kemlu juga akan menggunakan kesempatan tersebut untuk melakukan serangkaian pertemuan bilateral di sela-sela acara.

Sejauh ini telah ada enam menteri yang mengonfirmasi hadir, sementara Sekretaris Jenderal Pacific Island Forum, Direktur Jenderal Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Deputi Dirjen Asia Development Bank masih dalam proses konfirmasi.

ARTIKEL LAINNYA