Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Masuk Bulan Kesepuluh Invasi Rusia, 13.000 Tentara Ukraina Tewas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 02 Desember 2022, 17:21 WIB
Masuk Bulan Kesepuluh Invasi Rusia, 13.000 Tentara Ukraina Tewas
Invasi Rusia sejak Februari telah menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit. Laporan terbaru menyebut Ukraina sudah kehilangan sekitar 13.000 tentara sejak Moskow memulai operasi militernya.

Informasi itu disampaikan langsung Mykhailo Podolyak, penasihat senior Presiden Volodymyr Zelensky, kepada Channel 24 Ukraina, Kamis (1/12).

"Kami memiliki perkiraan resmi dari Staf Umum. Dan jumlahnya berkisar antara 10.000 hingga 13.000 tewas," kata Podolyak.

"Zelensky akan mempublikasikan data resmi ketika saat yang tepat tiba," tambahnya.

Pada bulan Juni, ketika pasukan Rusia berjuang untuk menguasai sepenuhnya provinsi Luhansk paling timur, Zelensky mengatakan Ukraina kehilangan 60 hingga 100 tentara per hari. Mereka dikatakan tewas dalam aksi sementara sekitar 500 orang lainnya menderita luka-luka.

Sebelumnya Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengatakan pada bulan September bahwa 5.937 tentara Rusia telah tewas dalam hampir tujuh bulan pertempuran hingga saat itu.

Kedua belah pihak diduga meremehkan kekalahan masing-masing untuk menghindari hancurnya mental pasukan mereka.

Sementara itu Jenderal tertinggi AS Mark Milley bulan lalu mengatakan lebih dari 100.000 personel militer Rusia telah tewas atau terluka di Ukraina, dengan pasukan Kyiv kemungkinan menderita korban serupa.

Tak hanya pihak militer, ribuan warga sipil Ukraina juga ikut tewas dalam pertempuran terburuk di Eropa dalam beberapa dekade.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA