Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kedubes Pakistan di Kabul Diserang, Targetkan Kuasa Usaha Ubaidur Rehman Nizamani

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 03 Desember 2022, 08:18 WIB
Kedubes Pakistan di Kabul Diserang, Targetkan Kuasa Usaha Ubaidur Rehman Nizamani
Kuasa Usaha Pakistan Ubaid Ur Rehman Nizamani/Net
Kedutaan Besar Pakistan di Kabul diserang pada Jumat (2/12) waktu setempat. Kementerian Luar Negeri Pakistan dfalam pernyataannya menyebutkan bahwa serangan tersebut menargetkan Kuasa Usaha untuk Afghanistan, Ubaidur Rehman Nizamani.

Laporan awal menunjukkan bahwa setidaknya satu penjaga kedutaan terluka dalam insiden tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan Abdul Qahar Balkhi mengutuk serangan penembakan yang "gagal" itu dan berdoa agar penjaga keamanan itu segera pulih.

"IEA tidak akan mengizinkan aktor jahat untuk mengancam keamanan misi diplomatik di Kabul," tulisnya di Twitter.

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengutuk peristiwa Jumat, menyebutnya sebagai upaya pembunuhan yang dilakukan pengecut.

"Saya menuntut penyelidikan dan tindakan segera terhadap para pelaku tindakan keji ini," tulis Sharif di Twitter, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (3/12).

Dia kemudian menegaskan bahwa dirinya telah melakukan komunikasi dengan kepala misi dan lega mendengar bahwa Nizamani aman.

Secara terpisah, pada  Jumat, tiga militan tak dikenal meledakkan sebuah bom mobil dan mencoba menyerbu markas partai Afghanistan yang dipimpin oleh politisi veteran Gulbuddin Hekmatyar, kata para pejabat.

Ghairat Baheer, seorang pejabat partai Hizb-i-Islami, mengatakan bahwa dua penyerang tewas ketika mereka mencoba memasuki masjid di Kabul sementara yang ketiga berhasil melarikan diri.

Rusia dan Pakistan adalah dua dari sedikit negara yang mempertahankan kehadiran diplomatik di Afghanistan setelah pengambilalihan Taliban, seperti dilaporkan  New York Times.

Serangan pada Jumat terjadi pada sore hari ketika beberapa tembakan mengarah ke kedutaan yang berasal dari gedung apartemen terdekat, menurut saksi mata.

Pasukan keamanan Taliban tiba di lokasi sekitar 15 kemudian, dan terjadi baku tembak dengan penyerang yang diduga terdiri dari satu orang. Laporan menyebutkan aparat berhasil meringkus penyerang tetapi belum ada rincian lebih lanjut.

Sampai sejauh ini tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA