Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Rusia Tolak Beri Diskon Pembelian Minyak Mentah ke Pakistan

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 03 Desember 2022, 10:01 WIB
Rusia Tolak Beri Diskon Pembelian Minyak Mentah ke Pakistan
Permintaan Pakistan untuk mengurangi harga minyak mentah dan biaya pengiriman, memperoleh respon penolakan dari Rusia.

Dalam pertemuan yang digelar di Moskow pada Rabu (30/11), delegasi Pakistan yang terdiri dari Menteri Negara Perminyakan Musadik Malik, sekretaris bersama, dan pejabat Kedutaan Besar Pakistan di Moskow, meminta diskon minyak mentah hingga 30-40 persen.

Diakhir pembicaraan, Rusia menyatakan tidak bisa memenuhi permintaan tersebut, karena minyak mentah dengan harga murah, stoknya telah dijual ke pamasok besar dengan ekonomi yang sehat dan stabil.

Meski begitu, pihak Rusia meminta Pakistan untuk tetap menghormati komitmennya pada proyek unggulan Jalur Pipa Gas Aliran Pakistan yang akan dibangun dari Karachi ke Lahore, Punjab.

Dimuat Geo News pada Jumat (2/12), permintaan pembelian minyak mentah dari Pakistan dimaksudkan agar nanti negaranya sendiri yang akan mengolahnya menjadi produk jadi dan membantu mendorong perekonomian Islamabad yang terpuruk.

Sebelum kunjungan ke Rusia, Menteri Keuangan Pakistan Ishaq Dar pada 13 November lalu menegaskan pada Amerika Serikat bahwa mereka tidak dapat menghentikan negaranya untuk membeli minyak Rusia.

Di tengah krisis politik dan ekonomi, Pakistan berharap dapat membeli minyak murah Rusia dengan potongan harga yang sama dengan yang diberikan Moskow pada India.

Namun sepertinya belum bisa terealisasi karena Rusia tidak lagi memiliki stok penjualan dan juga tidak mau mengambil risiko besar jika bertransaksi dengan negara yang mengalami krisis.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA