Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belarusia, Sekutu Dekat Rusia yang Ikut Masuk dalam Konflik Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 03 Desember 2022, 15:58 WIB
Belarusia, Sekutu Dekat Rusia yang Ikut Masuk dalam Konflik Ukraina
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko/Net
rmol news logo Sebagai sekutu Rusia, Belarusia saat ini berada dalam posisi yang sulit. Setelah menyediakan wilayahnya sebagai pangkalan militer Rusia untuk invasi ke Ukraina, Minsk juga perlu untuk mengirimkan pasukannya sebagai relawan ke Ukraina.

Belarus siap melakukan apa pun untuk tetangga dekatnya itu, termasuk menerima dampak dari invasi Rusia. Namun, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko belum mengirimkan tentaranya sampai saat ini. Setelah aksi protes dua tahun yang membakar Minsk dan mempertaruhkan jabatannya, ia perlu berpikir ulang untuk keputusan tersebut.

Dalam situasi yang serba sulit, Lukashenko juga kehilangan menteri luar negerinya yang loyal, Vladimir Makei. Makei meninggal karena serangan jantung.  Makei dipandang sebagai suara yang lebih pragmatis dan rasional untuk Lukashenko dan mampu berkomunikasi dengan pejabat Barat.

Meskipun nampak enggan mengirimkan pasukannya, Lukashenko tidak bisa berbuat banyak. Dia  terjepit. Di tengah tekanan sanksi Barat yang telah meluncur deras untuk Belarusia karena dianggap membela Rusia, Belarusia semakin terperosok, masuk ke dalam konflik. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA