Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Presidensi G20 India Bujuk Rusia Tak Absen, Siap Dorong Konsensus Soal Perang Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 Desember 2022, 06:09 WIB
Presidensi G20 India Bujuk Rusia Tak Absen, Siap Dorong Konsensus Soal Perang Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Narendra Modi/Net
India telah berkomitmen untuk berbuat lebih banyak dan lebih besar pada Presidensi G20 kali ini, termasuk upaya mengakhiri perang di Ukraina.

Bahkan pada hari pertama mengambil Presidensi 20 dari Indonesia pada Kamis (1/12), India mengatakan akan berupaya membangun konsensus terkait perang di Ukraina dan mengharapkan Rusia berpartisipasi dalam semua prosesnya.

“Rusia adalah anggota G20 dan karenanya kami mengharapkan mereka untuk berpartisipasi dalam proses ini. G20 perlu berbicara dengan satu suara, terutama mengenai isu-isu penting yang mempengaruhi dunia,” kata jurubicara Kementerian Luar Negeri India, seperti dikutip Times of India.

Pada kegiatan pertama Presidensi G20 India, Menteri Luar Negeri S. Jaishankar mengatakan pihaknya akan menjadi suara dunia selatan, yaitu Asia, Afrika, dan Amerika Latin, dalam menghadapi beban polarisasi dan konflik negara-negara maju.

“Kepresidenan G20 kami berlangsung pada saat yang sangat kritis dalam urusan internasional. Sangat penting bagi para pemimpin dunia untuk fokus pada masalah yang tepat, terutama yang mempengaruhi bagian dunia yang lebih rentan,” kata Jaishankar.

Untuk itu, ia menekankan, isu-isu seperti ketahanan energi, ketahanan pangan, akses kesehatan, dan iklim akan menjadi prioritas pembahasan di masa presidensi India.

ARTIKEL LAINNYA