Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Terjerat Kasus Korupsi, Presiden Afsel Ogah Mundur dan Siap Nyalon Lagi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 Desember 2022, 07:13 WIB
Terjerat Kasus Korupsi, Presiden Afsel Ogah Mundur dan Siap Nyalon Lagi
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa/Net
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menegaskan tidak akan mengundurkan diri meski telah terjerat berbagai skandal, termasuk kasus korupsi yang baru-baru ini terungkap.

Baru-baru ini, komisi independen di parlemen telah merilis laporan yang menyebut Ramaphosa kemungkinan telah melanggar sumpah jabatan karena ditemukan uang senilai hingga setengah juta dolar AS yang ia sembunyikan di sofa di peternakannya.

Kendati begitu, jurubicara Ramaphosa, Vincent Magwenya pada Sabtu (3/12) menegaskan presiden tidak akan mengundurkan diri.

"Presiden Ramaphosa tidak mengundurkan diri berdasarkan laporan yang cacat, dia juga tidak minggir," tegas Magwenya, seperti dikutip Reuters.

Alih-alih, Ramaphosa akan mengajukan diri untuk memimpin partaiya, Kongres Nasional Afrika (ANC) di masa jabatan kedua.

"Presiden telah mencamkan pesan tegas yang datang dari cabang-cabang partai yang memerintah yang telah menominasikannya untuk memanfaatkan dirinya sendiri untuk masa jabatan kedua kepemimpinan ANC," kata Magwenya.

Ramaphosa sendiri membantah melakukan kesalahan dan tidak didakwa dengan kejahatan apa pun.

Parlemen membutuhkan mayoritas dua pertiga suara untuk memakzulkan Ramaphosa, tetapi sejauh ini ANC masih memberikan dukungan pada presiden.

ARTIKEL LAINNYA