Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran: 200 Orang Meninggal Sejak Awal Protes Anti-Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 Desember 2022, 10:35 WIB
Iran: 200 Orang Meninggal Sejak Awal Protes Anti-Pemerintah
Aksi protes anti-pemerintah di Iran/Net
rmol news logo Sebanyak 200 orang, termasuk aparat keamanan, meninggal dunia selama aksi protes anti-pemerintah di Iran yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini.

Catatan dari badan keamanan negara tertinggi itu jauh lebih rendah daripada jumlah yang berikan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang menyebut korban jiwa mencapai lebih dari 300 orang.

Kelompok HAM HRANA mengatakan sebanyak 469 pengunjuk rasa telah tewas, termasuk 64 anak di bawah umur. Dikatakan 61 pasukan keamanan pemerintah juga tewas. Sebanyak 18.210 pengunjuk rasa diyakini telah ditangkap.

Aksi protes di Iran telah memasuki bulan ketiga. Protes dipicu oleh kematian Mahsa Amini, seorang wanita Kurdi berusia 22 tahun. Ia meninggal dalam tahanan polisi moral karena melanggar aturan pakaian jilbab.

Dimuat Reuters, demonstrasi telah berubah menjadi pemberontakan rakyat oleh orang-orang Iran yang marah dari semua lapisan masyarakat, yang merupakan salah satu tantangan paling berani terhadap kepemimpinan ulama sejak revolusi 1979.

Aksi protes juga meluas dan menentang pemerintahan serta Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, dan berulang kali menuntut diakhirinya pemerintahan Islam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA