Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Menhan Austin: AS Tak Akan Biarkan China Bangkit

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 Desember 2022, 12:14 WIB
Menhan Austin: AS Tak Akan Biarkan China Bangkit
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin/Net
China masih menjadi perhatian utama Amerika Serikat (AS) dalam beberapa tahun ke depan, mengingat kekuatannya yang terus tumbuh.

Upaya untuk melawan kebangkitan China dibahas oleh Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin ketika berpidato di Forum Pertahanan Nasional Reagan pada Sabtu (3/12).

"China adalah satu-satunya negara dengan kemauan dan, semakin kuat untuk membentuk kembali wilayahnya dan tatanan internasional agar sesuai dengan preferensi otoriter," kata Austin, seperti dikutip PBS News.

"Jadi izinkan saya mengatakan, kita tidak akan membiarkan itu terjadi," tambahnya.

Austin menilai, beberapa tahun ke depan ini akan menentukan persaingan Barat dan China. Hal ini berpengaruh pada masa depan keamanan dunia.

"Dan mereka akan menentukan apakah anak dan cucu kita mewarisi dunia aturan dan hak yang terbuka, atau apakah mereka menghadapi otokrat yang berani yang berusaha mendominasi dengan paksaan dan ketakutan," tambahnya.

Di antara dua ancaman nuklir, yaitu Rusia dan China, Austin menilai Beijing memiliki risik yang lebih besar.

"Untuk memenuhi perkembangan itu, kami menyelaraskan anggaran kami yang belum pernah ada sebelumnya dengan tantangan China. Di dunia kita yang tidak sempurna, pencegahan datang melalui kekuatan," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA