Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Meski Diprotes, Xi Jinping Enggan Beri Izin untuk Vaksin Covid-19 Buatan Barat

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 Desember 2022, 13:44 WIB
Meski Diprotes, Xi Jinping Enggan Beri Izin untuk Vaksin Covid-19 Buatan Barat
Presiden China Xi Jinping/Net
Aksi protes anti-lockdown yang semakin gencar di China belum bisa menggerakkan Presiden Xi Jinping untuk membuka diri dan menerima vaksin buatan Barat.

Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS) Avril Haines mengatakan terlepas dari dampak sosial dan ekonomi dari Covid-19, Xi tidak mau mengambil vaksin yang lebih baik dari Barat, dan malah mengandalkan vaksin di China yang tidak hampir sama efektifnya melawan Omicron.

"Melihat protes dan tanggapannya bertentangan dengan narasi yang dia suka kemukakan, yaitu bahwa China jauh lebih efektif dalam pemerintahan," kata Haines di Forum Pertahanan Nasional Reagan pada Sabtu (3/12), seperti dimuat Reuters.

Hingga saat ini, China belum memberikan izin untuk vaksin asing dan melonggarkan beberapa aturan pembatasan.

"Ini, sekali lagi, bukan sesuatu yang kami lihat sebagai ancaman terhadap stabilitas saat ini, atau perubahan rezim atau semacamnya. Bagaimana perkembangannya akan penting bagi posisi Xi," jelas Haines.

Seorang pejabat AS mengatakan belum ada perkiraan China akan memberikan persetujuan bagi vaksin buatan Barat.

"Tampaknya cukup tidak masuk akal bahwa China akan memberi lampu hijau pada vaksin Barat pada saat ini. Ini masalah kebanggaan nasional, dan mereka harus menelan cukup banyak jika mereka mengambil jalan ini," kata pejabat itu.

ARTIKEL LAINNYA