Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkeu Belarus: Membayar Pasokan Gas Rusia dengan Rubel itu Menguntungkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 05 Desember 2022, 07:10 WIB
Menkeu Belarus: Membayar Pasokan Gas Rusia dengan Rubel itu Menguntungkan
rmol news logo Belarusia akan terus membayar sumber daya energi Rusia dalam rubel Rusia pada 2023. Menteri Keuangan Belarusia Yury Seliverstov dalam pernyataannya pada Minggu (4/12) mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki masalah dengan sistem pembayaran itu.

"Tentu saja, menguntungkan (membayar dalam rubel Rusia). Jadi, kami tidak memiliki masalah dengan itu," katanya, dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi Belarus-1.

Belarus membayar dalam rubel Rusia tidak hanya untuk sumber daya energi tetapi juga untuk melunasi kewajiban utangnya.

“Skemanya sama, cukup nyaman buat kami,” ujar Seliverstov.

Pada Mei 2022, Rusia dan Belarusia mengubah perjanjian pasokan gas. Dokumen tersebut mengatur ketentuan harga gas dari April 2022 hingga akhir tahun. Perjanjian tersebut juga menetapkan pembayaran gar dalam rubel Rusia.

Awal November lalu, Menteri Energi Belarusia Viktor Karankevich telah menegaskan bahwa Belarusia dan Rusia melanjutkan negosiasi untuk menentukan ketentuan harga pasokan gas pada 2023.

"Kami sekarang sedang bekerja untuk menentukan kondisi harga pasokan gas pada tahun 2023 dan mempersiapkan prinsip-prinsip operasi pasar untuk masa depan. Kondisi pembentukan pasar gas terpadu, akan dibuat," kata Karankevich, di sela-sela forum internasional Atomexpo-2022 di Sochi.

"Posisi pihak Belarusia dalam pembicaraan diketahui: memberikan kondisi yang sama untuk entitas ekonomi kedua negara tanpa pengecualian dan batasan, pendekatan harga yang terbuka dan transparan," katanya lagi.

Sejak April tahun ini, Belarus telah mulai membayar gas dalam rubel Rusia. Sebelumnya, pada 2021 dan awal 2022, Belarus biasa membayar 128,52 dolar AS per seribu meter kubik. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA