Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Di India, Mahfud MD: Agama Harus Jadi Sumber Perdamaian, Bukan Perselisihan

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 05 Desember 2022, 11:36 WIB
Di India, Mahfud MD: Agama Harus Jadi Sumber Perdamaian, Bukan Perselisihan
Penasihat Keamanan Nasional (NSA), Ajit Doval, Presiden Dewan Ulama dan Mashaikh Seluruh India (AIUMB), Syed Ashraf Kichauchawi serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD/Net
Agama hadir untuk melahirkan perdamaian, dan bukan sebaliknya disalahartikan menjadi sumber konflik atau kekerasan. Untuk itu, penting untuk membasmi ekstremisme dan terorisme yang bertentangan dengan makna Islam.

Begitu yang dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD ketika berbicara pada konferensi “Peran Ulama dalam Membina Budaya Perdamaian Antaragama serta Harmoni Sosial di India dan Indonesia” yang digelar di New Delhi pada Selasa lalu (28/11).

Selain Mahfud, forum tersebut juga menghadirkan Penasihat Keamanan Nasional (NSA), Ajit Doval. Keduanya memberikan sambutan dan saling menyampaikan pandangan mereka mengenai agama, politik, hukum dan keamanan.

"Agama harus menjadi sumber perdamaian, bukan alasan perselisihan, konflik atau kekerasan dan itu harus digunakan sebagai alat pemersatu," ujar Mahfud, seperti dimuat India Blooms.

Sejalan dengan Mahfud, Doval menyebut kekerasan sangatlah bertentangan dengan ajaran Islam.

"Tidak ada ruang untuk ujaran kebencian dalam demokrasi dan Ekstremisme dan terorisme bertentangan dengan makna Islam, karena Islam berarti perdamaian," tegasnya.

Doval sangat menentang tindakan jihad yang mengarah pada ektremisme merugikan.

"Islam menetapkan bahwa bentuk Jihad yang paling baik adalah 'Jihad Afzal' yaitu, Jihad melawan perasaan atau ego seseorang dan bukan melawan warga sipil tak berdosa," jelasnya.

Doval berterimakasih kepada Mahfud MD karena karena membawa delegasi ulama tingkat tingginya ke India.

Sementara Menteri Mahfud MD bersama delegasi ulama berada di India atas undangan Penasihat Keamanan Nasional Doval.

Dalam pertemuannya, Mahfud MD mempresentasikan sebuah buku kepada Doval berjudul “Tasawwuf di Abad 21: Untuk Memecahkan Krisis Global”.

Kemudian Doval memperkenalkan Presiden Dewan Ulama dan Mashaikh Seluruh India (AIUMB), Syed Ashraf Kichauchawi dan Ketua  Forum Sufi Dunia (WSF) Haji Syed Salman Chishty dari Ajmer Dargah Sharif sebagai Ulama Sufi terkenal India yang menyebarkan pesan Perdamaian, Keharmonisan Para Suci Sufi di India.

Para ulama dari masing-masing negara saling berinteraksi dan membahas tentang peran mereka dalam memupuk budaya perdamaian antar agama dan kerukunan sosial di India maupun Indonesia.

ARTIKEL LAINNYA