Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jadi Penghubung Indo-Pasifik dan Timur Tengah, Keamanan Teluk Benggala Harus Diperkuat

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 05 Desember 2022, 11:53 WIB
Jadi Penghubung Indo-Pasifik dan Timur Tengah, Keamanan Teluk Benggala Harus Diperkuat
Teluk Benggala/Net
Teluk Benggala menjadi salah satu wilayah strategis dalam geopolitik global karena dapat menghubungkan Indo-Pasifik dengan Timur Tengah. Menghadapi berbagai tantangan saat ini, dinilai penting untuk memperkuat keamanan Teluk Benggala.

Ketua Pusat Penelitian Kebijakan Publik, Dr. D. Dhanuraj mengatakan penguatan keamanan di Teluk Benggala harus dilakukan dengan mempererat kerjasama antara berbagai pihak.

Hal ini dibahas dalam konferensi internasional tentang Keamanan dan Kemakmuran Teluk Benggala selama dua hari di Kochi, India yang ditutup pada Rabu (1/12).

Konferensi tersebut dihadiri oleh diplomat, delegasi, hingga pakar dari Jerman, Thailand, Bhutan, Sri Lanka, India, Bangladesh, Nepal, hingga Maladewa.

"Saya pikir kesimpulan utamanya adalah bahwa wilayah BoB akan memainkan peran utama dalam geopolitik global karena menghubungkan Indo-Pasifik ke Timur Tengah. Dan sebagai jalur komunikasi laut yang penting, ia memainkan peran penting dalam rantai pasokan global," jelas Dhanuraj, seperti dikutip ANI News.

"Jadi, memahami signifikansi tersebut dan menyadari potensinya adalah kebutuhan saat ini untuk semua negara di Teluk Benggala," imbuhnya.

Dalam konferensi disimpukan pentingnya peningkatan kerjasama antara negara-negara pesisir dalam skala apapun untuk mengembangkan potensi Teluk Benggala, termasuk energi, perdagangan, investasi, hingga kelestarian lingkungan dan keamanan.

Negara-negara yang terlibat juga perlu lebih banyak bekerja sama dalam isu-isu seperti kontra-terorisme, keamanan manusia, dan transfer teknologi.

ARTIKEL LAINNYA