Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tak Hiraukan Pembatasan G7, Rusia akan Tetap Jual Minyaknya dengan Harga Pasar

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 05 Desember 2022, 18:11 WIB
Tak Hiraukan Pembatasan  G7, Rusia akan Tetap Jual Minyaknya dengan Harga Pasar
Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak/Net
Keputusan pembatasan harga minyak yang mulai diberlakukan G7 pada Senin (5/11), memperoleh penolakan tegas dari Rusia.  

Kremlin pada Minggu (4/12), menyatakan pihaknya tidak akan mematuhi aturan apapun yang dikeluarkan G7, bahkan jika mereka harus memangkas produksinya.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak, mengatakan Moskow hanya akan menjual minyak dengan harga pasar dan bekerja sama dengan negara yang tidak mengikuti aturan tersebut.

"Kami akan menjual produk minyak dan minyak bumi hanya ke negara-negara yang akan bekerja dengan kami di bawah kondisi pasar, bahkan jika kami harus sedikit mengurangi produksi," tegasnya seperti dimuat CGTN News.

Menurut Novak, saat ini Rusia tengah membuat aturan yang melarang pembatasan tersebut dan mengecam apa yang dilakukan G7 hanya akan mendorong ketidakstabilan pasar.

"Kami sedang mengerjakan mekanisme untuk melarang penggunaan instrumen pembatasan harga, terlepas dari tingkat yang ditetapkan, karena campur tangan semacam itu dapat membuat pasar semakin tidak stabil," jelasnya.

Pada Jumat (2/12), G7 dan Australia telah sepakat membatasi harga minyak mentah Rusia yang melewati laut senilai Rp 60 dolar AS atau setara Rp 925 ribu.

Keputusan tersebut menyusul embargo serupa dari Uni Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Jepang dan Inggris.

Pembatasan dan sanksi yang dijatuhkan dapat mempersulit Moskow untuk menjual minyaknya dengan harga lebih tinggi karena perusahaan pengiriman dan asuransi utama dunia berbasis di negara-negara G7.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA