Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dorong Transisi Energi, Raja Maroko dan OCP Grup Teken Investasi Hijau Baru

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 06 Desember 2022, 07:52 WIB
Dorong Transisi Energi, Raja Maroko dan OCP Grup Teken Investasi Hijau Baru
Acara penandatanganan proyek Investasi Hijau Baru antara Kerajaan Maroko dan COP Group/Net
Komitmen Raja Maroko Mohammed VI untuk mendukung tercapainya transisi energi hijau dan ekonomi rendah karbon, dibuktikan melalui penandatangan proyek investasi hijau baru dengan perusahaan OCP Group.

Program yang diagendakan pada 2023-2027 tersebut bertujuan untuk mengakhiri ketergantungan perusahaan pada impor amonia dan memungkinkan investasi dalam rantai energi terbarukan.

Sebelum penandatanganan kesepakatan, Ketua dan Kepala Eksekutif grup OCP Mostafa Terrab terlebih dahulu mempresentasikan proyek investasi hijau barunya pada Raja di Istana Kerajaan pada Sabtu (3/12).

Salah satu penambang dan pengekspor pupuk fosfat terbesar di dunia itu ingin membangun peningkatan kapasitas produksi pupuk, sambil berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon sebelum tahun 2040 dengan mengandalkan sumber unik energi terbarukan serta kemajuan Kerajaan.

Investasi hijau baru akan didukung oleh UKM industri lokal yang bekerja di sektor energi dan pertanian, sehingga akan ikut mendorong munculnya ekosistem nasional yang inovatif dan penciptaan lapangan kerja baru dan peluang integrasi pekerjaan bagi kaum muda.

Program baru tersebut disebut membutuhkan dana investasi global sebesar 13 miliar dolar AS atau setara Rp 200 triliun selama lima tahun.

Perwakilan dari pihak pemerintah yang turut hadir di antaranya Kepala Pemerintahan, Penasehat Raja, Menteri Dalam Negeri, Menteri Ekonomi dan Keuangan, Menteri Peralatan dan Air, Menteri Energi Transisi dan Pembangunan Berkelanjutan, Investasi, Konvergensi dan Penilaian Kebijakan Publik.

Sementara pihak OCP dihadiri oleh Ketua OCP dan Chief Executive Officer.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA