Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Di Hadapan Baerbock, Jaishankar Pastikan India Tetap Membeli Minyak Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 07 Desember 2022, 06:09 WIB
Di Hadapan  Baerbock,  Jaishankar Pastikan India Tetap Membeli Minyak Rusia
Menteri Luar Negeri S Jaishankar mengatakan dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, Selasa
India akan tetap membeli minyak dari Rusia untuk menutup kebutuhan energinya sendiri.  Keputusan itu datang di tengah tekanan Barat terhadap Moskow dengan  memberlakukan batasan harga untuk menekan ekonomi Rusia.

Menteri Luar Negeri S Jaishankar mengatakan dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, bahwa India sejauh ini belum berkomitmen pada batas harga 60 dolar AS per barel untuk minyak Rusia, seperti yang ditetapkan oleh Kelompok Tujuh dan Uni Eropa yang berlaku mulai Senin.

Jaishankar mengatakan tidak tepat bagi negara-negara Eropa untuk memprioritaskan kebutuhan energi mereka tetapi melarang India melakukan hal sama. Uni Eropa sendiri mengimpor lebih banyak bahan bakar fosil dari Rusia daripada India.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, India terus meningkatkan pembelian minyak Rusia dengan potongan harga. Impor India atas minyak Rusia mencapai rekor tertinggi pada Oktober, menjadikan Rusia pemasok minyak utama India dalam hal barel per hari, mengutip data dari pelacak energi Vortexa, seperti dilaporkan Press Trust of India, Selasa (6/12).

India dan Rusia memiliki hubungan dekat. Meskipun mendesak agar Rusia menghentikan perangnya, tetapi India tidak termasuk dalam negara yang meluncurkan sanksi.

Selama pertemuan dengan Baerbock, yang berada di India dalam kunjungan dua hari, Jaishankar juga membahas diversifikasi perdagangan antara kedua negara, konsekuensi global dari perang Rusia melawan Ukraina, dan kerja sama dalam transisi energi dari bahan bakar fosil.

Jerman adalah mitra dagang terbesar India di Eropa dan lebih dari 1.700 perusahaan Jerman beroperasi di India. Investasi Jerman di India terutama di bidang transportasi, peralatan listrik, konstruksi, perdagangan, dan otomotif.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA