Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

UE: Enam Negara Balkan Dapat Bergabung di Masa Depan, Ini Bukan Hanya Janji

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 07 Desember 2022, 06:58 WIB
UE: Enam Negara Balkan Dapat Bergabung di Masa Depan, Ini Bukan Hanya Janji
Kanselir Jerman Olaf Scholz berbicara kepada wartawan selama konferensi pers setelah KTT Uni Eropa Balkan Barat di Tirana pada 6 Desember 2022/Net
Uni Eropa (UE) dan Balkan Barat melaju ke pembicaraan untuk memperkuat kemitraan dalam pertemuan puncak di Albania, Selasa (6/12) waktu setempat.

Pertemuan itu terjadi di tengah ketegangan Rusia-Ukraina yang mengancam keseimbangan geopolitik, memicu UE dan Balkan untuk segera meraih kembali keseimbangan di wilayah tersebut.

Bagi Enam negara Balkan Barat; Albania, Bosnia, Kosovo, Montenegro, Makedonia Utara, dan Serbia, yang bercita-cita untuk bergabung dengan Uni Eropa, mendapatkan keanggotaan penuh di blok beranggotakan 27 negara itu masih menjadi tujuan yang jauh. Namun, saat ini mereka nampaknya akan mendapatkan sinyal yang lebih konkret.

Selama pertemuan, Para pemimpin UE meyakinkan para pemimpin dari enam negara tersebut bahwa mereka memiliki masa depan di dalam blok ekonomi kaya tersebut, dan memberi mereka tanda-tanda nyata, bukan hanya janji, bahwa suatu hari mereka akan bergabung.

Di ibu kota Albania, Tirana, mereka juga membahas topik-topik yang mencakup migrasi, keamanan dunia maya, dan hubungan diplomatik.

Sejak Rusia memulai perangnya pada bulan Februari, para pejabat UE telah mengulangi bahwa meningkatkan keterlibatan blok dengan enam negara lebih penting dari sebelumnya untuk menjaga keamanan Eropa.

Sebagai bukti komitmen blok tersebut, Presiden Dewan Eropa Charles Michel menggarisbawahi dukungan energi UE ke kawasan tersebut karena perang berdampak pada pasokan dan harga.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA