Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Cemas, Jepang Ingin Tingkatkan Anggaran Pertahanannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 07 Desember 2022, 10:46 WIB
China Cemas, Jepang Ingin Tingkatkan Anggaran Pertahanannya
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning/Net
rmol news logo Keinginan Pemerintah Jepang untuk meningkatkan anggaran pertahanan mereka mendapat reaksi dari China.

Dalam pernyataannya pada Selasa (6/12), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan keputusan Jepang merupakan langkah yang berbahaya.

"Jepang telah meningkatkan anggaran pertahanannya selama 10 tahun berturut-turut, dan bahwa Jepang juga cenderung mempermainkan ketegangan regional dan mencari terobosan militer," kata Mao, seperti dikutip dari CGTN, Rabu (7/12).

Mao menambahkan bahwa tindakan berbahaya tersebut menimbulkan keraguan yang kuat di antara tetangganya di Asia dan masyarakat internasional tentang apakah Jepang dapat berpegang pada kebijakan yang berorientasi pada pertahanan secara eksklusif dan jalur pembangunan yang damai.

"Jepang harus dengan sungguh-sungguh merenungkan sejarah agresinya, menghormati masalah keamanan tetangganya di Asia, berbicara dan bertindak dengan hati-hati di bidang militer dan keamanan, dan melakukan lebih banyak hal yang kondusif untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan," katanya.

Tanggapan China datang setelah muncul laporan pada Senin (5/12) bahwa Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berniat meningkatkan anggaran pertahanan negaranya yang besarnya 1,5 kali lebih banyak daripada rencana anggaran lima tahunannya saat ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA