Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Kerja Sama Pembangunan di Pasifik, Indonesia Gelar Pertemuan Para Menteri di IPFD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 07 Desember 2022, 13:33 WIB
Perkuat Kerja Sama Pembangunan di Pasifik, Indonesia Gelar Pertemuan Para Menteri di IPFD
Menteri Negeri RI, Retno Marsudi saat menghadiri acara Indonesia Pacific Development Forum pada Rabu, 7 November 2022/Net
rmol news logo Komitmen Indonesia dalam meningkatkan hubungan dan kerja sama pembangunan bersama negara Pasifik, dibuktikan dengan terselenggaranya Indonesia Pacific Development Forum (IPFD) pada Rabu (7/12).

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam press briefingnya mengatakan pelaksanaan IPFD menunjukkan upaya nyata Indonesia untuk meningkatkan engagement atau keterikatannya dengan Pasifik.

Mengangkat tema "Grow and Prosper Together", pertemuan para menteri itu dikatakan Menlu, telah membahas dua isu utama yakni pembangunan ekonomi dan human development atau people walfare.

Menlu menyebut forum IPFD dihadiri oleh 17 Negara Pasifik dan teritori Pasifik, empat organisasi regional dan multilateral serta lima negara undangan.

"Turut di antaranya adalah Perdana Menteri Niue dan enam menteri dari Australia, Cook Island, Mikronesia, New Zealand, Papua Nugini dan Timor Leste serta satu wakil menteri," ujar Retno.

Retno menjelaskan pertemuan tidak hanya terjadi pada level antar pemerintah tetapi juga antar private sector, melalui Bussines Engagement yang akan dilakukan pada siang hari.  

"Siang ini rangkaian acara IPFD akan dilanjutkan dengan Pacific Bussines Engagement yang mempertemukan kalangan bisnis Indonesia dengan kalangan bisnis dari negara-negara Pasifik," jelasnya.

Keesokan harinya, lanjut Retno, acara IPFD juta akan diisi dengan tiga workshop dengan topik di antaranya; pengurangan risiko bencana, pengembangan kapasitas UMKM dan pemberdayaan perempuan.

"Ketiga isu ini merupakan beberapa tantangan utama yang harus dihadapi negara di Pasifik untuk segera pulih dari pandemi dan Resesi ekonomi," paparnya.

Terakhir, Retno menegaskan jika Indonesia benar-benar melakukan apa yang dikatakan atau "We Work the Talk", melalui forum IPFD tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA