Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Adik Khamenei Mendukung Protes Iran, Mendesak IRGC Meletakkan Senjata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 08 Desember 2022, 06:25 WIB
Adik Khamenei Mendukung Protes Iran, Mendesak IRGC Meletakkan Senjata
Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei berbicara selama pertemuan dengan sekelompok pasukan paramiliter Basij di Teheran, Iran, 26 November 2022/Net
rmol news logo Di tengah upaya Pemerintah Iran untuk menyapu bernih para perusuh dan menghentikan aksi protes yang melanda negara itu dalam beberapa bulan belakangan, adik dari  Pemimpin Tertinggi Republik Iran justru menyerukan agar orang-orang terus melanjutkan aksinya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Badri Hosseini Khamenei, saudara perempuan Ali Hosseini Khamenei, secara terang-terangan mengutuk kekerasan yang dilakukan  pihak berwenang terhadap pengunjuk rasa dan menyatakan dukungannya terhadap aksi protes.

Dalam sepucuk surat yang dibagikan di Twitter pada Rabu (7/12) oleh putranya, Mahmud Moradhani, Badri mengatakan ia menentang sikap kakaknya.

“Saya pikir sekarang tepat untuk menyatakan bahwa saya menentang tindakan saudara laki-laki saya, dan saya mengungkapkan simpati kepada semua ibu yang berduka atas kejahatan Republik Islam, dari masa Khomeini hingga era kekhalifahan Ali Khamenei saat ini,” katanya, seperti dikutip dari Times of Israel.  Mebambahkan bahwa Anggota Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) harus meletakkan senjata sesegera mungkin dan memihak para demonstran sebelum terlambat.

Sikap Badri sama persis seperti yang ditunjukkan  Farideh Muradhani, keponakan Ali Hosseini Khamenei. Ia  menyerukan kepada orang-orang untuk menekan pemerintah  atas penindasan dan kekerasan terhadap protes anti-pemerintah.

Dalam sebuah video yang diposting online, Farideh Moradkhani, yang tinggal di Prancis, mendesak orang-orang untuk mendukung pengunjuk rasa Iran dan memutuskan hubungan dengan Iran

Atas perbuatannya, Moradkhani ditangkap pada 23 November lalu..

“Saya meminta orang-orang yang berhati nurani di dunia untuk mendukung kami dan meminta pemerintah mereka untuk tidak bereaksi dengan kata-kata dan slogan kosong tetapi dengan tindakan nyata dan menghentikan segala urusan dengan rezim ini,” kata Moradkhani  dalam pernyataan videonya.

Iran telah dilanda gelombang protes mematikan sejak September lalu yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini. Amini meninggal di dalam penjara ketika polisi moral menangkapnya karena ia tidak mengenakan jilbabnya dengan benar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA