Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Menyertakan India dalam Pertemuan CIDCA, Strategi Baru China di Kawasan Semakin Mengkhawatirkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 08 Desember 2022, 11:05 WIB
Tidak Menyertakan India dalam Pertemuan CIDCA, Strategi Baru China di Kawasan Semakin Mengkhawatirkan
rmol news logo Pertemuan China dengan 19 negara dari kawasan Samudera Hindia, minus India, yang berlangsung pekan lalu, menuai banyak kritik dan kecurigaan tentang apa yang menjadi tujuan Beijing di kawasan tersebut.

China International Development Cooperation Agency (CIDCA), sebuah organisasi yang berhubungan dengan Kementerian Luar Negeri China, mengadakan pertemuan Forum China-Indian Ocean Region on Development Cooperation pada 21 November lalu.

CIDCA dipimpin oleh Luo Zhaohui, mantan Wakil Menteri Luar Negeri dan Duta Besar untuk India. Menurut situs resmi organisasi tersebut, dia adalah Sekretaris CPC (Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa) Kelompok Kepemimpinan CIDCA.

Hadir dalam perrtemuan itu perwakilan dari Indonesia, Pakistan, Myanmar, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal, Afghanistan, Iran, Oman, Afrika Selatan, Kenya, Mozambik, Tanzania, Seychelles, Madagaskar, Mauritius, Djibouti dan dari tiga organisasi internasional hadir.

Namun India tidak diundang. Pengecualian India dalam forum CIDCA ini lebih dilihat sebagai rencana permainan Beijing untuk menciptakan pengaruh strategis daripada mempromosikan pembangunan negara-negara di kawasan dan perdamaian di Samudera Hindia.

Investing dalam laporannya menyebut, bahwa acara tersebut diadakan secara diam-diam bersamaan dengan banyak acara lainnya termasuk pameran Tiongkok-Asia Selatan ke-6, dan forum wadah pemikir kawasan Tiongkok-Samudera Hindiaz dengan tema "Pembangunan Bersama: Teori dan Praktik dari Perspektif Negara Ekonomi Biru".

Sangat jelas bahwa Beijing, dalam upayanya untuk menjadi kekuatan global, bersaing untuk mendapatkan pengaruh politik dan pengaruh strategis di Kawasan Samudera Hindia.

Meskipun tujuan forum tersebut adalah kerja sama untuk pembangunan, namun agenda yang mendasarinya tampaknya melawan pengaruh kuat India di kawasan Samudera Hindia, seperti Indian Ocean Rim Association, (IORA) yang beranggotakan 23 negara.

Beijing telah melakukan investasi besar di pelabuhan dan investasi infrastruktur di beberapa negara di kawasan ini, termasuk Pakistan dan Sri Lanka.

Beijing tanpa henti berusaha untuk meningkatkan terobosan politik, ekonomi dan keamanan di wilayah tersebut meskipun secara geografis jauh dari Samudera Hindia. Semua investasi ini tidak gagal membawa pembangunan ekonomi, bahkan menyebabkan ketidakstabilan keuangan dan menciptakan beban utang yang tidak berkelanjutan.

Di beberapa forum China juga tidak menyertakan India dan negara-negara besar lainnya yang memiliki keterlibatan mendalam dengan negara-negara kawasan, yang menunjukkan bahwa  China menganggap mereka sebagai saingan yang dapat melawan rancangan strategisnya di wilayah tersebut.

Forum CIDCA bertujuan untuk merumuskan pedoman strategis, rencana dan kebijakan untuk bantuan luar negeri, mengkoordinasikan dan menawarkan nasihat tentang masalah bantuan luar negeri, memajukan reformasi negara dalam hal yang melibatkan bantuan luar negeri, dan mengidentifikasi program utama, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaannya.

China kritis terhadap Quad. Sebagai upaya untuk menarik paralel dengan inisiatif Quad yang serupa, China mengusulkan pada pertemuan CIDCA pembentukan mekanisme kerja sama pencegahan dan mitigasi bencana laut antara China dan negara-negara di kawasan Samudera Hindia.

Selain itu, Beijing juga menunjukkan kesediaan untuk memberikan dukungan finansial, material, dan teknis yang diperlukan kepada negara-negara yang membutuhkan.

Sungguh ironis bahwa selama turnya ke Sri Lanka pada bulan Januari tahun ini. Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengusulkan untuk membentuk "forum tentang pengembangan Negara Kepulauan Samudera Hindia." Tetapi negara ini adalah kasus tipikal jebakan utang China dan ketidakpedulian China selama keruntuhan ekonomi. Hal ini telah menimbulkan ketidakpercayaan di negara-negara lain di kawasan ini terkait kerja sama ekonomi dengan Beijing. Faktanya, Bangladesh tercatat pernah menolak menjadi bagian dari BRI secara eksplisit karena takut akan kemarahan publik.

Para ahli percaya bahwa di forum ini China sedang berupaya melawan kehadiran tradisional India di wilayah tersebut. Beberapa dari mereka juga mengungkapkan kekhawatirannya terkait politisasi kawasan Samudera Hindia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA