Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Berbagi Pandangan Tentang Presidensi G20, India Gelar Pertemuan Sherpa

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 08 Desember 2022, 13:22 WIB
Berbagi Pandangan Tentang Presidensi G20, India Gelar Pertemuan Sherpa
Pertemuan G20 Sherpa untuk pertama kalinya di bawah Presidensi India digelar di Udaipur pada Minggu (4/12)/Net
Beberapa hari setelah resmi mengemban tugas Presidensi G20, India segera melakukan serangkaian pertemuan untuk mendukung kesuksesan acara tersebut.

Untuk itu, sebagai langkah kontret India segera menggelar pertemuan para delegasi G20 Sherpa untuk pertama kalinya di Udaipur pada Minggu (4/12).

Lebih dari 40 delegasi dari berbagai negara dan organisasi internasional G20 Sherpa yang tiba di Bandara Maharana Pratap mendapat sambutan meriah dari India.

Dalam pertemuan tersebut, para Sherpa memberikan pandangan mereka untuk kesuksesan G20 India hingga satu tahun ke depan.

Perwakilan Oman yang ditunjuk India sebagai negara tamu mengaku senang dengan kesempatan tersebut dan tidak sabar untuk ikut terlibat dalam Konferensi Tingkat Tinggi kumpulan negara ekonomi besar itu.

"Kami menantikan untuk berpartisipasi. Bagi kami, ini adalah salah satu platform terbaik untuk mengekspresikan agenda global kami dan untuk berbagi dengan G20 mungkin akan menjadi peluang terbaik yang dimiliki Oman," ujarnya seperti dimuat ANI News.

Sementara itu, Sherpa Indonesia, Edi Pambundi sangat terpukau dengan sambutan dalam pertemuan tersebut dan berharap G20 India akan mencapai hasil yang luar biasa.

"Sungguh menakjubkan. Sambutan hangat kami ke India sangat luar biasa," ungkapnya.

Sejalan dengan Edi, Sherpa Turki, Raci Kaya juga tersanjung dengan hangatnya sambutan India dan berharap segala hal baik untuk Presidensi G20.

Kepala Delegasi dan Sherpa Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) Andreas Schaal mengatakan India merupakan salah satu ekonomi utama terkemuka dan pendorong pertumbuhan G20.

Kepala Delegasi, Sous-Sherpa dari China, Kexin Li menyebut tahun depan adalah tahun yang sangat berharga bagi India dan berharap kemajuan G20 akan segera di raih.

Pertemuan Sherpa G20 juga membahas beberapa masalah yang paling mendesak, termasuk transformasi teknologi, pembangunan hijau dan LiFE, pemberdayaan perempuan, mempercepat implementasi SDGs, dan memfasilitasi pertumbuhan yang inklusif dan tangguh.

Para Sherpa nantinya akan menetapkan konsensus tentang isu-isu utama, yang akan dibahas dalam berbagai alur kerja G20 dan Deklarasi Pemimpin pada KTT G20 di New Delhi pada akhir tahun 2023.

ARTIKEL LAINNYA