Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Xi Jinping Kunjungi Raja Salman dan Pangeran MBS di Istana Al-Yamamah, Tandatangani Puluhan Kesepakatan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 09 Desember 2022, 06:48 WIB
Xi Jinping Kunjungi Raja Salman dan Pangeran MBS di Istana Al-Yamamah, Tandatangani Puluhan Kesepakatan
Presiden Xi Jiping disambut oleh Putra Mahkota MBS di Istana Al-Yamamah, Kamis 8 Desember 2022/Net
Sehari setelah mendarat di Riyadh, Presiden China Xi Jinping tiba di Istana al-Yamamah untuk bertemu dengan Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) pada Kamis (8/12) waktu setempat.

Al-Arabiya melaporkan,  Xi disambut oleh Putra Mahkota MBS yang memimpin upacara resmi di Pengadilan Kerajaan Istana al-Yamamah.

Mereka kemudian mengobrol sambil berjalan ke istana, yang merupakan kediaman resmi raja.

Xi dan MBS, penguasa de facto berusia 37 tahun dari pengekspor minyak terbesar dunia, menandatangani perjanjian energi tentang hidrogen serta rencana untuk "menyelaraskan" agenda reformasi ekonomi ambisius Arab Saudi, Visi 2030, dengan Belt and Road Initiative China yang bernilai triliunan dolar, seperti dilaporkan Saudi Press Agency.

Penandatnganan itu disaksikan oleh para pejabat tinggi yang mengenakan masker.

Hbungan bilateral China dengan Arab Saudi telah tumbuh dengan pesat sejak kedua negara menjalin kemitraan strategis yang komprehensif pada tahun 2016.

Putra mahkota melihat China sebagai mitra penting dalam agenda Visi 2030-nya, mencari keterlibatan perusahaan China dalam proyek-proyek besar ambisius yang dimaksudkan untuk mendiversifikasi ekonomi dari bahan bakar fosil.

Menteri investasi Saudi Khalid al-Falih mengatakan kunjungan minggu ini akan berkontribusi untuk meningkatkan laju kerja sama ekonomi dan investasi antara kedua negara, menawarkan "pengembalian yang menguntungkan" kepada perusahaan dan investor China, menurut SPA.

Xi mendarat di Riyadh pada Rabu dalam perjalanan yang akan berlangsung hingga 9 Desember. Ia bersama sejumlah pemimpin akan mengadakan pertemuan puncak Saudi-China yang akan diikuti oleh dua pertemuan puncak lainnya pada hari Jumat, KTT China-Teluk dan KTT China-Arab.

Pertemuan-pertemuan itu juga akan dihadiri para pemimpin dari negara-negara Dewan Kerjasama Teluk dan negara-negara Arab.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi termasuk di antara para pemimpin Arab pertama yang tiba di Riyadh pada Kamis untuk persiapan KTT China-Arab.

Awal pekan ini, Kantor Berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa lebih dari 20 perjanjian awal senilai SAR 110 miliar (29,26 miliar dolar AS) akan ditandatangani selama kunjungan Xi ke Kerajaan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA