Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Eksekusi Mati Pendemo yang Tikam Petugas Keamanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 09 Desember 2022, 06:59 WIB
Iran Eksekusi Mati Pendemo yang Tikam Petugas Keamanan
rmol news logo Iran telah mengeksekusi salah seorang aktivis yang menjadi bagian dari aksi unjuk rasa anti pemerintah yang sejak September bergejolak di Teheran dan kota-kota lainnya.

Pengadilan mengatakan terdakwa bernama Mohsen Shekari dieksekusi pada Kamis (8/12). Ia dinyatakan bersalah atas Moharebeh - permusuhan terhadap Tuhan - karena menikam seorang penjaga keamanan dan memblokir jalan di Teheran.

Kantor berita Mizan, yang berafiliasi dengan pengadilan, mengatakan dia telah berpartisipasi dalam kerusuhan dan menyerang seorang anggota kelompok paramiliter Basij, dengan imbalan uang.

Eksekusinya, yang dilaporkan terjadi sebelum matahari terbit, terjadi sehari setelah sejumlah pengunjuk rasa menggunakan Hari Pelajar Nasional untuk menyuarakan kemarahan mereka kepada pihak berwenang.

Eksekusi dilakukan ketika tahanan lain juga menghadapi kemungkinan hukuman mati atas keterlibatan mereka dalam protes, yang dimulai sebagai protes terhadap polisi moralitas Iran dan telah berkembang menjadi salah satu tantangan paling serius bagi teokrasi Iran sejak Revolusi Islam 1979.

Shekari menjadi pengunjuk rasa pertama yang dieksekusi, dan ada sekitar 11 orang lainnya yang akan dijatuhi hukuman mati karena berpartisipasi dalam unjuk rasa.

Aktivis mengatakan lebih dari 500 orang telah tewas sejak gerakan protes dimulai pada 16 September, dengan sedikitnya 18.000 ditahan yang beberapa di antaranya ditahan di penjara rahasia .

Protes dipicu oleh kematian seorang wanita Kurdi Iran berusia 22 tahun bernama Mahsa Amini saat dalam tahanan polisi moral. Dia ditahan di Teheran karena mengenakan jilbabnya secara tidak benar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA