Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bertemu Xi Jinping di Arab Saudi, Presiden Palestina Tegaskan Dukungan Terhadap Prinsip Satu-China

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 09 Desember 2022, 07:19 WIB
Bertemu Xi Jinping di Arab Saudi, Presiden Palestina Tegaskan Dukungan Terhadap Prinsip Satu-China
Presiden China Xi Jinping melakukan pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di KTT Arab-China di Riyadh, Kamis 8 Desember 2022/Net
Di tengah kunjungannya ke Arab Saudi Presiden China Xi Jinping melakukan pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Keduanya bertemu di sela KTT Arab-China yang digelar di Riyadh, Kamis (8/12) waktu setempat.

Kantor Berita Wafa melaporkan Jumat (9/12), kedua pemimpin membahas hubungan bilateral antara kedua negara dan rakyat yang bersahabat serta sarana untuk memperkuat mereka, termasuk meningkatkan pertukaran ekonomi dan perdagangan serta investasi, terutama setelah Palestina bergabung dengan Belt and Road Initiative.

Pertemuan tersebut juga membahas pentingnya keberhasilan KTT Arab-China, yang akan meningkatkan kerja sama menuju masa depan bersama dua wilayah.

Pada kesempatan itu Presiden Abbas berterima kasih kepada Xi atas visinya untuk menyelesaikan masalah Palestina serta dukungan berkelanjutan mereka untuk perjuangan Palestina.

"Semua rakyat Palestina memiliki kasih sayang yang tulus untuk rakyat China," kata Abbas, mencatat bahwa posisi China di panggung internasional adil dan seimbang, inisiatif, serta proposisinya positif dan konstruktif.

Abbas juga menekankan dukungan Palestina untuk kebijakan satu-China dan dukungan kuat untuk posisi China dalam isu-isu yang berkaitan dengan Taiwan, Hong Kong, dan Xinjiang.

Pada gilirannya, Presiden China mengatakan dia ingin melihat hubungan bilateral antara kedua negara semakin kuat dan melanjutkan dukungan politik dan ekonomi untuk Palestina beserta rakyatnya.

"Tidak peduli bagaimana situasi internasional dan regional berubah, China selalu dengan tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak dan kepentingan sah bangsa mereka, dan selalu berdiri bersama rakyat Palestina," kata Xi.

"Komunitas internasional harus memprioritaskan masalah Palestina dalam agenda internasional, tetap pada arah solusi dua negara dan prinsip tanah untuk perdamaian, dan memfasilitasi dimulainya kembali pembicaraan damai berdasarkan resolusi PBB yang relevan dan Perdamaian Arab," ujarnya.

Patut dicatat bahwa Palestina dan China telah menjalin hubungan sejak tahun 1963.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA