Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Langgar Sanksi AS, Mantan Anggota Parlemen Ukraina Terancam Dibui 30 Tahun

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 09 Desember 2022, 08:56 WIB
Langgar Sanksi AS, Mantan Anggota Parlemen Ukraina Terancam Dibui 30 Tahun
Andrey Derkach/Net
Hukuman penjara 30 tahun menanti mantan anggota parlemen Ukraina, Andrey Derkach.

Departemen Kehakiman AS (DoJ) mendakwanya dalam kasus penipuan dan pencucian uang, setelah dia dilaporkan membeli dua properti di California.
Dalam siaran persnya, DoJ menyatakan bahwa Derkach, yang ditunjuk sebagai agen aktif Rusia atas dugaan gangguan pemilu dalam pemilihan presiden AS 2020, menghadapi hukuman 30 tahun penjara karena konspirasi untuk melanggar sanksi AS, konspirasi penipuan bank, konspirasi pencucian uang, dan empat tuduhan pencucian uang.

Jaksa mengklaim bahwa sejak 2013, Ia bersama kaki tangannya yang tidak disebutkan namanya merancang skema untuk membeli dan memelihara dua kondominium mewah di Beverly Hills dengan menggunakan uang yang ditarik dari rekening luar negeri dan perantara di AS untuk menyembunyikan keterlibatannya dalam pembelian tersebut.

Dikatakan bahwa mantan anggota parlemen itu membeli salah satu properti untuk dirinya sendiri dan yang lainnya untuk anak-anaknya.

"Perilaku aset Kremlin ini, yang diberi sanksi karena mencoba meracuni demokrasi kita, telah menunjukkan bahwa dia siap, berkeinginan dan mampu mengeksploitasi sistem perbankan kita untuk mencapai tujuan terlarangnya," kata Jaksa Penuntut AS Breon Peace, seperti dikutip dari AFP, Jumat (9/12).

"AS tidak akan menjadi tempat berlindung yang aman di mana penjahat, oligarki, atau entitas yang terkena sanksi dapat menyembunyikan keuntungan yang diperoleh secara tidak sah atau memengaruhi pemilu kita," ujarnya.

Sementara DoJ mencatat bahwa Derkach "tetap buron", Peace bersumpah bahwa AS akan menggunakan semua alat yang dimilikinya untuk mengadili siapa pun yang mencoba menghindari sanksi dan menyalahgunakan sistem keuangan AS.

Derkach dijatuhi sanksi oleh AS pada tahun 2020 atas klaim bahwa dia membocorkan detail percakapan telepon antara Joe Biden dan Presiden Ukraina saat itu, Pyotr Poroshenko.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA