Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Menkeu India Masuk Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh Versi Majalah Forbes

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 09 Desember 2022, 11:52 WIB
Menkeu India Masuk Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh Versi Majalah Forbes
Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman/Net
Nama Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman kembali terpampang dalam "100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia" yang diterbitkan oleh Forbes pada Selasa (6/12).

Sitharaman berada di urutan ke-36, dan menjadi keempat kalinya secara berturut-turut ia berhasil masuk dalam daftar.

Dimuat Bussines Standard, nama Sitharaman berada di posisi ke-34 pada tahun 2019, kemudian ke-41 di tahun 2020, dan ke-37 di tahun 2021.

Sitharaman merupakan Menteri Keuangan dari kalang perempuan pertama India dan diangkat pada Mei 2019 lalu.

Sebelum berkarir di dunia politik, ia memegang peran di Asosiasi Insinyur Pertanian yang berbasis di Inggris dan BBC World Service.

Selain Sitharaman, wanita India lainnya yang masuk dalam daftar yakni, CEO HCL Corporation, Roshni Nadar Malhotra sebagai yang termuda dalam daftar; pendiri Biocon Kiran Mazumdar-Shaw; ketua perempuan pertama Dewan Sekuritas dan Bursa India, Madhabi Puri Buch; wanita pertama yang memimpin Otoritas Baja India yang dikelola negara, Soma Mondal dan pendiri Nykaa, Falguni Nayar.

Setiap tahun, majalah bisnis Forbes asal Amerika merilis daftar 100 wanita berpengaruh di dunia.

Daftar tahun ini diungguli oleh presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen atas kepemimpinannya selama perang Ukraina, serta penanganan pandemi Covid-19.

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris juga menyabet posisi ketiga dalam daftar tahun ini. Ia menjadi wanita pertama, orang kulit hitam pertama, dan orang Asia-Amerika pertama yang menjadi Wakil Presiden Amerika.

ARTIKEL LAINNYA