Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tingkatkan Kekuatan Pesawat Su-30, Angkatan Udara India Tambahkan Rudal Canggih Terbaru

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 09 Desember 2022, 11:57 WIB
Tingkatkan Kekuatan Pesawat Su-30, Angkatan Udara India Tambahkan Rudal Canggih Terbaru
Pesawat Tempur Su-30 India/Net
Untuk meningkatkan kemampuan pesawat tempur Su-30, Angkatan Udara India (IAF) melengkapinya dengan rudal darat jarak jauh terbaru.

Rudal tersebut berhasil diakusisi oleh IAF dan mampu menjatuhkan target pada sasaran di darat dari jauh hingga lebih dari 250 kilometer.

“Rudal seret rendah berkecepatan tinggi yang baru dapat mencapai target di jarak lebih dari 250 kilometer dan akan meningkatkan kemampuan pesawat,” ungkap otoritas pertahanan India, seperti dimuat ANI News pada Rabu (7/12).

Penyatuan rudal baru dengan pesawat Su-30, menjadi sangat penting karena mempermudah IAF saat menyerang kamp militer musuh dan infrastruktur teroris seperti yang terjadi selama operasi Balakot pada 2019.

IAF ke depannya disebut akan terus mengupgrade Su-30 yang diperkirakan menelan biaya lebih dari 30.000 rupee atau setara Rp 5,7 juta dan akan dimulai dengan 85 pesawat.

Total pesawat tempur IAF mencapai 260 jet tempur superioritas udara berat yang tak kalah hebat dengan pesawat tempur modern Rafale.

Selain rudal terbaru, IAF juga telah menambahkan rudal jelajah supersonik BrahMos yang dapat mencapai target di jarak lebih dari 500 kilometer.

Kemampuan BrahMos dapat membantu Angkatan Udara untuk menangani setiap radar pelacak jarak jauh seperti sistem pertahanan udara S-400.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA