Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kremlin: Tidak Ada yang Bisa Mendepak Rusia dari G20

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 09 Desember 2022, 13:02 WIB
Kremlin: Tidak Ada yang Bisa Mendepak Rusia dari G20
Moskow menanggapi seruan AS untuk mengecualikan Rusia dari G20.

Seruan itu datang saat kongres AS menyetujui dana  6 miliar dolar AS untuk  Prakarsa Pencegahan Eropa dan Memperpanjang Prakarsa Bantuan Keamanan Ukraina (USAI) – salah satu alat utama yang digunakan oleh AS untuk mendukung kebutuhan pertahanan Ukraina.
AS juga akan memberikan 800 juta dolar AS untuk program ini di tahun fiskal mendatang.

Dalam dokumen rancangan UU Pertahanan tahunan itu juga AS mencantumkan larangan kerja sama pertahanan dengan Moskow selama lima tahun ke depan menjatuhkan sanksi pada Rusia., termasuk menghapus Rusia dari sejumlah organisasi internasional, termasuk G20.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov mengatakan kepada saluran TV Rossiya-24, Kamis (8/12) bahwa G20 tidak ada hubungannya dengan anggaran pertahanan Amerika Serikat dan tidak ada yang dapat mengecualikan Moskow dari kelompok tersebut.

“Selama beberapa tahun terakhir, anggaran pertahanan telah berubah menjadi "pohon Natal" bagi anggota parlemen AS, jika kita menggunakan istilah Anglo-Saxon, maka mereka dihiasi dengan pernak-pernik yang mereka sayangi dan menjadi fokus kelompok legislator tertentu," katanya.

"Apa hubungan kegiatan G20 dengan anggaran pertahanan AS? Jelas ini cuma buat mereka yang menghiasi anggaran pertahanan dengan lonceng dan peluit tambahan. Tidak ada yang bisa mengecualikan Rusia dari Kelompok Dua Puluh," tambahnya.

Menurutnya,  KTT G20 baru-baru ini di Indonesia telah memperjelas bahwa mayoritas masyarakat internasional mendengarkan pendekatan dan posisi Moskow. Amerika, yang terobsesi dengan gagasan untuk mengisolasi Rusia, sejauh ini selalu menyanyikan lagu lama yang sama di semua platform.

"Rencana untuk mengeluarkan Rusia dari G20 akan gagal, bersama dengan banyak hal lain dalam rangkaian yang telah terjadi sejauh ini," tekannya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA