Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Timses Lula Gugat Bolsonaro Atas Dugaan Ganggu Pemilu Brasil

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 09 Desember 2022, 17:55 WIB
Timses Lula Gugat Bolsonaro Atas Dugaan Ganggu Pemilu Brasil
Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro/Net
Gugatan terhadap dugaan penyerangan pemilu Brasil oleh mantan presiden sekaligus pemimpin sayap kanan Jair Bolsonaro resmi dilayangkan tim sukses Presiden terpilih Lula Da Silva pada Kamis (8/12).

Timses Lula mengajukan dua tuntutan di pengadilan agar terduga tidak akan mencalonkan diri kembali dalam pemilihan mendatang.

Dimuat Reuters, gugatan pertama berisi tuduhan bahwa Bolsonaro bersama calon wakil presiden Braga Neto dan dua putra mantan presiden, yakni Senator Flavio Bolsonaro dan anggota Kongres Eduardo Bolsonaro, telah berulang kali menggangu jalannya pemilu.

Braga Neto, yang merupakan pensiunan jenderal Angkatan Darat, dinilai berupaya menggalang dukungan militer untuk melakukan kudeta setelah kalah tipis dalam pemilihan pada Oktober lalu.

Sejak awal pemilu, Bolsonaro juga kerap mengkritik sistem pemungutan suara elektronik dengan tuduhan kecurangan, meski tanpa bukti yang jelas.

Sementara itu, gugatan kedua berisi tuduhan bahwa Bolsonaro telah menyalahgunakan kekuasaan dengan memberikan keuntungan finansial secara ilegal kepada warga selama kampanye.

Hingga kini belum ada konfirmasi langsung dari kantor presiden maupun putranya yang disebut dalam dakwaan Lula.

ARTIKEL LAINNYA