Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Menlu Cleverly: Inggris Marah dan Mengutuk Eksekusi Mati Mohsen Shekari oleh Rezim Iran

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 Desember 2022, 06:35 WIB
Menlu Cleverly: Inggris Marah dan Mengutuk Eksekusi Mati Mohsen Shekari oleh Rezim Iran
Menlu Inggris James Cleverly/Net
Pemerintah Inggris ikut mengecam eksekusi mati yang baru-baru ini dilakukan pemerintah Iran terhadap Mohsen Shekari, salah satu aktivis yang ikut dalam aksi protes anti-pemerintah.

London memanggil diplomat paling senior Iran, Mehdi Hosseini Matin, pada Jumat (9/12) untuk menyatakan protes terkait langkah Teheran tersebut.

Menteri Luar Negeri James Cleverly dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Inggris sangat marah dengan langkah Iran itu dan bahwa ekseskusi tersebut bermotivasi politik.

“Eksekusi Mohsen Shekari oleh rezim Iran sangat menjijikkan. Dia adalah korban tragis dari sistem hukum di mana hukuman yang tidak proporsional dan pengadilan bermotivasi politik,” kata Cleverly, seperti dikutip dari AFP.

“Kami telah memperjelas pandangan kami kepada otoritas Iran. Iran harus segera menghentikan eksekusi dan mengakhiri kekerasan terhadap rakyatnya sendiri," ujarnya.

Kepada Matin,  Cleverly  menegaskan bahwa Inggris menentang hukuman mati dalam segala keadaan, dan mendesak Iran untuk segera menghentikan eksekusi dan penerapan hukuman mati lainnya.

Shikari ditangkap setelah melukai dan menewaskan seorang penjaga keamanan selama aksi protes di Jalan Sattar Khan di Teheran. Pada 20 November Pengadilan Iran menjatuhkan vonus hukuman mati. Eksekusi terhadapnya dilakukan pada Kamis pagi (8/12).

Iran telah menghukum mati beberapa pengunjuk rasa sejak demonstrasi dimulai pada bulan September, yang dipicu oleh kematian  Mahsa Amini.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA